Terkait Sampah Di Sungai Muarareja, Kapolres Minta Ada Perhatian Khusus Pemkot Tegal

Vimanews-TEGAL-Tumpukan sampah plastik di bawah jembatan Muarareja yang masuk dalam wilayah Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal membawa keprihatinan Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat.

Pasalnya tumpukan sampah plastik tersebut dapat menyebabkan bencana banjir disaat musim hujan dan air pasang atau rob di wilayah tersebut.

Kapolres mengatakan saat bersih bersih di TPI menemukan satu titik lokasi dimana ada bangunan jembatan baru yang sudah selesai dibangun tapi di sampingnya digunakan sebagai tempat pembuangan sampah oleh masyarakat. Ini akan menjadikan bencana.

“Yang kita sesalkan juga tidak ada tulisan atau imbauan untuk tidak membuang sampah pada masyarakat. Sehingga masyarakat dari waktu ke waktu tetap memanfaatkan tempat ini menjadi tempat pembuangan sampah,” ungkap Kapolres.

Kalau biarkan, kata Kapolres, kedepan ini akan menjadi bencana, apabila air pasang. Sebab sampah plastik tersebut juga akan menghambat saluran air.

Selain itu, sambungnya, juga dapat membahayakan lingkungan dan yang pasti ini akan memicu banjir di wilayah ini. Terlebih  selama ini wilayah tersebut memang sudah menjadi langganan banjir.

“Jadi kita harus segera mengambil upaya mitigasi dalam rangka mengangkat sampah sampah yang ada disekitar TPI Muarareja, karena ini sudah sangat membahayakan.Kita tidak harus menunggu bencana itu datang tetapi apabila kita dapat melakukan pencegahan itu akan lebih baik,” ujarnya.

Dan ini, lanjut Kapolres, memerlukan kepedulian semua pihak yang ada di Kota Tegal. “Termasuk masyarakat sekitar untuk dapat membuang sampah pada tempatnya dan tidak di tempat-tempat yang selama ini mereka jadikan tempat pembuangan sampah,” tandasnya.

Lebih lanjut Kapolres mengatakan akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Tegal untuk memastikan ada perhatian khusus terhadap wilayah atau titik tersebut.

“Karena kita ingin memastikan jangan sampai bencana datang. Kita juga siap terjunkan ratusan personel untuk membantu membersihkan lokasi tersebut dari sampah,” pungkas AKBP Rahmad Hidayat.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!