Stimulus Listrik Ringankan Beban Masyarakat di Masa Pandemi

Vimanews-TEGAL-Untuk mengurangi dampak ekonomi yang dirasakan, Pemerintah melalui PLN memberikan stimulus listrik bagi pelanggan golongan 450 volt ampere (VA) dan 900 VA subsidi.

Sesuai instruksi Pemerintah tersebut, PT PLN (Persero) melakukan perpanjangan diskon stimulus COVID-19 yang berlaku terhitung sejak 1 Juli 2021 hingga 31 Desember 2021.

Di wilayah kerja PLN UP3 Tegal yang meliputi Kota Tegal, Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Brebes, sebanyak 829.276 pelanggan daya 450 dan 900 dapat menikmati diskon stimulus listrik yang terdiri dari pelanggan paska bayar dan pelanggan prabayar.

“Bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik, sedangkan bagi pascabayar, diskon diberikan langsung pada tagihan rekening listrik pelanggan,” terang Manager PLN UP3 Tegal, Moses Allo, Jumat (27/8/21).

Moses mengimbau masyarakat, khususnya pelanggan PLN UP3 Tegal untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi tingkat penyebaran COVID-19 di masyarakat dengan tetap tinggal di rumah saja dan mengurangi interaksi dengan orang lain.

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus listrik yang diberikan hingga Desember 2021, skema besarannya adalah sebagai berikut:

1. Untuk Pelanggan tarif Rumah Tangga, Bisnis Kecil dan Industri Kecil daya 450 VA diberikan potongan sebesar 50%

2. Pelanggan tarif Rumah Tangga, Bisnis Kecil dan Industri Kecil daya 900 diberikan potongan sebesar 25%

3. Pelanggan Tarif Sosial daya 220 VA s.d 900 VA, Tarif Bisnis dan Tarif Industri daya 900 VA mendapatkan pembebasan Biaya Beban atau abonemen sebesar 50%

4. Pelanggan Tarif Sosial, Bisnis dan Industri daya 1300 VA s.d diatas 200 KVA mendapatkan Pembebasan Penerapan ketentuan rekening minimum sebesar 50%, bagi pelanggan yang pemakaian energi listriknya di bawah ketentuan rekening minimum (40 jam nyala)

Terkait program tersebut, Ane Desyanti, warga Kota Tegal yang merupakan pelanggan PLN dengan tarif Rumah Tangga daya 450 VA mengatakan dirinya dan keluarga merasa terbantu.

“Adanya program stimulus listrik ini sangat membantu, karena bisa mengurangi beban rumah tangga saya ” ujar Ane yang sehari-hari bekerja sebagai Cleaning Service.

Menurutnya, dengan adanya stimulus listrik, pengeluaran yang dialokasikan untuk pembayaran listrik dapat dialihkan untuk keperluan lain seperti paket data untuk menunjang pembelajaran daring sang anak.

Di tengah kondisi pandemi, PLN berharap dapat memberikan manfaat seluas-luasnya bagi pelanggan melalui perpanjangan diskon stimulus listrik ini. PLN juga tetap berkomitmen memberikan pelayanan kelistrikan terbaik kepada pelanggan.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!