Soal PDAM Tegal Dan Pemalang Gubernur Jateng Agar Dilibatkan

Vimanews-TEGAL-Memasuki musim pancaroba seperti ini, air bersih sangat dibutuhkan masyarakat. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) yang dimiliki Pemkab Tegal belum dapat menjangkau seluruh wilayah Kabupaten Tegal .

Selain minim anggaran, pasokan air bersih dari beberapa sumber di Kabupaten Tegal juga terbatas tidak mampu menjangkau hingga wilayah pantura.

Hal ini disampaikan DR Dewi Aryani MSi, Anggota komisi 9 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jateng IX, Kamis (18/10/18).

Sejauh ini, kata Dewi, wilayah pantura yang sudah teraliri jaringan PDAM, hanya Kecamatan Kramat.

” Kita akan minta bantuan Gubernur Jateng agar mediasi Pemkab Tegal dan Pemkab Pemalang agar jaringan air bersih juga bisa merambah Kecamatan Suradadi dan Warureja. karena selain butuh anggaran besar untuk mencapai wilayah itu sumber air utk pantura juga bisa di bantu dari pemalang,”tutur Dewi.

Menurut Dewi, jika masuk musim kemarau yang melanda Kabupaten Tegal membuat sejumlah wilayah mengalami kekeringan.

“Saat ini, desa yang langganan mengalami kekeringan di Warureja, yakni Desa Rangimulya dan sejumlah desa di sekitarnya di kec warureja, Di kecamatan Suradadi, yaitu Desa Jatimulya, Jatibogor, Kertasari, dan beberapa desa lainnya,”ungkapnya.

Dewi menegaskan jika telah ada proses kerjasama Pemkab Tegal namun belum di respon Pemkab Pemalang maka kami minta Gubernur untuk membantu mediasi keduanya sehingga ditemukan titik temu solusi terbaik kedua wilayah tersebut.

“Namun jika belum, maka pihak pemkab Tegal supaya segera melayangkan permohonan kerjasamanya untuk dibahas bersama,”ujar Dewi.

Karenanya, untuk membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih, Dewi Aryani menggelontorkan bantuan air bersih ke sejumlah desa di Kabupaten Tegal.

“Bantuan air bersih ini semata-mata membantu meringankan beban warga dalam mendaparkan air bersih, terutama untuk dikonsumsi dan untuk memasak, agak rakyat tetap dapat memenuhi kebutuhan air bersih,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!