Sebanyak 4,5 Juta Batang Rokok Ilegal Berbagai Merk Dimusnahkan

Vimanews-TEGAL-Sebanyak 4,5 juta batang rokok ilegal berbagai merek yang merupakan hasil penindakan selama Juni hingga Desember 2020 dimusnahkan BEA Cukai Tegal, Kamis (4/10/21) pagi.

Nilai barang yang dimusnahkan tersebut Rp 4,6 Miliar dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 2,68 Miliar.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal Yudi Hedrawan mengatakan untuk perkiraan potensi kerugian negara sebesar Rp2,68 miliar, yang terdiri dari cukai Rp2,05 miliar.

Termasuk pajak rokok Rp205,6 juta dan pajak pertambahan nilai hasil tembakau Rp 419,48 juta.

“Pemusnahan tersebut sudah mendapatkan izin dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara dengan surat nomor S-72/MK.6/KN.5/2021 tanggal 30 Maret 2021. Dan secara resmi semua rokok ilegal tersebut akan dimusnahkan di TPA Muarareja,” kata Yudi.

Menurut Yudi, 4,5 juta batang rokok yang dimusnahkan tersebut merupakan penindakan selama Juni hingga Desember tahun 2020. Dengan penindakan 24 kali di berbagai daerah yang merupakan wilayah pengawasan Bea Cukai Tegal, yakni Eks Karisedenan Pekalongan yang meliputi Kabupaten Brebes hingga Batang.

“Rokok ilegal tersebut berhasil diambil dari toko, alat transportasi, dan penjualan melalui online,” terangnya

Lebih lanjut Yudi mengatakan penindakan yang berhasil dilaksanakan tersebut merupakan wujud sinergi yang baik antar instasi di wilayah kerja Bea Cukai Tegal.

“Terutama melalui pertukaran informasi maupun dan pelaksanaan operasi bersama,” ujar Yudi.

Hal tersebut, sambungnya, merupakan bukti komitmen pemerintah dalam memberikan perlindungan kepada masyarajat terhadap peredaran barang ilegal khususnya rokok. Adanya pemusnahan rokok ilegal ini dapat menurunkan tingkat peredaran rokok secara nasional.

“Operasi pemberantasan rokok ilegal akan terus kami lakukan, dan sinergi ini akan terus kami perkuat,” tutupnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!