Puluhan Personel Polres Tegal Kota Bersihkan TPI Muarareja

Vimanews -TEGAL-Puluhan personel Polres Tegal Kota bersama TNI, BPBD dan warga masyarakat Kelurahan Muarareja melakukan kegiatan gerakan bersih-bersih sungai dan pinggiran laut di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Muarareja, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Sabtu (4/12/21).

Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat mengatakan sengaja memillih TPi Muarareja dan beberapa pantai di Muarareja karena memang banyak ditemukan sampah plastik yang mencemari lingkungan dan menghambat saluran-saluran air.

“Sampah plastik adalah musuh kita bersama, karenanya kita ingin menggerakkan masyarakat untuk peduli terutama dengan sampah-sampah plastik ini,” terang Kapolres didampingi Waka Polres, Kasat Reskim dan Kasat Lantas.

Kedepan, kata Kapolres, program yang akan dilaksanakan adalah program membuat bank sampah dari Polres Tegal Kota.

“Kita akan menampung sampah khusus plastik dari masyarakat yang akan kita mulai dari wilayah muarareja ini. Mereka akan kumpulkan dan nanti akan kita tampung sampah tersebut akan kita hargai dengan uang cash sehingga nanti sampahnya akan dikelola oleh DLH,” jelasnya.

Ini, sambungnya, untuk menumbuhkan kesadaran warga masyarakat bahwasanya sampah ini harus dibersihkan karena menghambat dan mencemari lingkungan.

“Tegal Barat khususnya Muarareja ini akan kita bentuk sebagai pioneer dan menyusul wilayah lain. Nanti kita akan bekerjasama dengan pihak lain yang peduli. Menjadi salah satu donatur, sebagai CSR,” kata AKBP Rahmad Hidayat.

Kegiatan ini, imbuh Rahmad, diharapkan akan menjadi masif. Sehingga seluruh Kota Tegal akan menyadari untuk tidak membuang sampah plastik sembarangan sampai mencemari lingkungan.

“Harapannya dapat menstimulan khususnya warga nelayan yang tinggal disekitar untuk tidak membuang sampah sembarangan. Kemudian untuk lebih bersih lingkungan dan menjaga kesehatan,” pungkas Kapolres.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!