Mengawali Hari Menabung 2021, OJK Tegal Gelar Training Of Trainers

Vimanews-TEGAL-Mengawali kampanye nasional gerakan menabung tahun 2021 dengan tema “Satu Rekening Satu Pelajar, Wujudkan Impian Anak Indonesia”, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal menyelenggarakan Training of Trainers virtual.

Kegiatan Training of Trainers virtual diberikan kepada para guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ekonomi SMA/SMK/MA di wilayah Eks Karesidenan Pekalongan.

Pada puncaknya akan diselenggarakan
kegiatan Kompetisi Ekonomi (KOMPEK) bagi pelajar SMA/SMK/MA se-Eks Karesidenan Pekalongan bekerja sama dengan Universitas Pancasakti Tegal pada 12 dan 14 Agustus 2021.

Meskipun dilaksanakan secara virtual, kegiatan berjalan secara interaktif dengan jumlah peserta mencapai sekitar 150 guru dari 134 sekolah atau 30,2% dari jumlah seluruh SMA/SMK/MA di wilayah Karesidenan Pekalongan.

Tingginya atensi para guru menjadi salah satu indikator efektivitas penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto mengungkapkan dukungannya
terhadap implementasi KEJAR OJK membidik agar satu pelajar memiliki minimal
satu rekening.

“Mengapa pelajar? Tentu karena pelajar adalah masa depan generasi bangsa. Untuk itu, peran pendidik sangat kami butuhkan untuk membudayakan menabung bagi para pelajar” terang Ludy.

Pada kesempatan tersebut, Ludy juga memaparkan materi mengenai inovasi keuangan digital dan waspada investasi. Fenomena keuangan digital masa kini serta maraknya pemberitaan tipu daya pinjaman online ilegal.

Ludy juga menjelaskan bahwa saat ini Otoritas Jasa Keuangan telah memiliki Aplikasi Portal Pengaduan Konsumen (APPK) yakni Aplikasi pengaduan berbasis web yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2021.

“Bagi masyarakat yang ingin menyampaikan informasi, pertanyaan maupun permasalahannya dengan lembaga jasa keuangan formal dapat mengakses APPK di alamat www.kontak157.ojk.go.id, “jelas Ludy.

Lebih lanjut Ludy kembali menekankan pentingnya budaya menabung. Dengan budaya menabung di lembaga jasa keuangan formal, masyarakat terlebih pelajar dapat memberikan manfaat sekunder bagi sesama.

“Termasuk menggerakan roda perekonomian, dan turut membantu pemerintah dalam mendorong kemandirianpembiayaan pembangunan nasional” Pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!