Mahasiswa Harus Memiliki Knowledge, Skill Dan Attitude

Vimanews-TEGAL-Dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mahasiswa dituntut memiliki knowledge-skill-attitude, untuk mengasah kompetensi secara kontekstual sebagai wujud pembelajaran yang otonom dan inovatif selaras dengan tantangan perubahan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal R Heru Setyawan saat menjadi narasumber dalam Lokakarya Magang Industri yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) UPS Tegal, Jumat (3/12/12).

Heru mengatakan peluang-peluang magang industri yang bisa dilakukan mahasiswa antara lain, magang di produksi mesin CO2 extraction, di IKM Logam Kota Tegal maupun di perusahaan galangan kapal.

Sementara itu Dekan FTIK UPS Tegal Agus Wibowo menyampaikan Lokakarya Magang Industri ini diharapkan dapat mewujudkan keselarasan antara perguruan tinggi dengan industri, dunia usaha maupun dunia kerja (INDUKA) dalam mengembangkan kompetensi keahlian mahasiswa yang unggul dan berdaya saing global.

Pada sesi tanya jawab yang dimoderatori Ahmad Farid (Wakil Dekan I FTIK UPS Tegal), Lukas Harsono mengkritisi orientasi pendidikan yang hanya mengajarkan ketrampilan teknik, tapi melupakan hal pokok yaitu bagaimana terampil mencari uang.

Menurutnya perlu mendorong lulusan untuk memiliki jiwa entrepreneurship. “Jangan hanya mencetak sarjana yang bekerja dan terikat pada orang lain yaitu pengusaha atau pemilik uang,” ujarnya.

Lukas menambahkan dalam dialek Tegal, bekerja sebagai buruh ibarat “dicancang wong sugih – canggih”, padahal lulusan perguruan tinggi mungkin memiliki kompetensi untuk bekerja mandiri dengan berwirausaha.

Penyelenggaraan Lokakarya Magang Industri ini diharapkan dapat membekali mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensinya. “Pembangunan industri di Kota Tegal ke depan, sesuai visi yang dirumuskan dalam Rencana Pembangunan Industri Kota Tegal (RPIK 2021 – 2041) juga harus menghasilkan produk yang makin kreatif dan berdaya saing,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!