Lukisan Alam Majalengka (Bukit Panyaweuyan)

Bukit Panyaweuyan

Vimanews-MAJALENGKA-Sebelum pandemi Covid 19, hari libur menjadi suatu yang ditunggu tunggu. Area bermain, tempat wisata, tempat hiburan sudah pasti diserbu pengunjung.

Namun pernahkah terpikir bahwa sawahpun bisa jadi tempat melepas penat kita. Vimanews mencoba menelusuri beberapa daerah di Jawa Barat, yang menawarkan opsi lain tanpa harus berkerumun dan tetap dapat refesh.

Bukit Panyaweuyan Majalengka, Destinasi yang unik, indah dan tenang, dengan ladang pertanian bertingkat atau sering disebut terasering di lereng bukit dengan pemandangan lembah lembah yang hijau. Udara yang menyegarkan bebas polusi serta hiruk-pikuk perkotaan. Alamnya menawan menawarkan ketenangan, membuat siapapun betah berlama-lama.

Hasil pertanian di Terasering Panyaweuyan Argapura dapat berupa padi, bawang putih, bawang merah, hingga ubi jalar tergantung musim tanamnya. Tentunya hasil kebun tersebut dapat dibeli sebagai oleh-oleh.

Kawasan terasering ini berada di Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka. Hanya butuh waktu sekitar 1 jam dari Bandara Kertajati.

Menurut Sulaemandadang, tour guide bahwa warga/ petani dulunya sempat mengeluhkan apabila para pengunjung yang kurang bertanggung jawab merusak dengan menginjak injak tanaman. Akhirnya diambil kesepakatan adanya denda bagi pengunjung yang melakukan hal tersebut.

Sejak tahun 2013 Bukit Panyaweuyan selalu berbenah serta tambah indah. Masyarakat setempat menganggap tempat ini sebagai warisan leluhur yang elok.  Mirip dengan di daerah Ubud Bali atau Vietnam dan Thailand.

“Jalan menuju puncak lembah Panyaweuyan cukup memacu adrenalin,” kata Sulaemandadang.

Di beberapa tempat jalanan rusak dan permukaan jalannya pun cukup licin. Jalan yang sebagian beraspal dan kebanyakan terdiri dari tanah merah serta batuan itu seringkali berkelok tajam. 

Namun berkat pengalaman yang handal tourguide Sulaemandadang perjalanan Vimanews menjadi menyenangkan, cek Ignya di @sulaemandadang.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!