Fraksi PAN DPRD Kota Tegal, Desak Pemkot Segera Salurkan Bansos Pada Masyarakat

Vimanews-TEGAL- Dua pekan sudah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat diterapkan di Kota Tegal. Kebijakan ini mulai diberlakukan serentak di seluruh Kabupaten/Kota se-Pulau Jawa dan Bali pada tanggal 3 Juli 2021.

Namun hingga hari ini belum ada bantuan yang diberikan oleh pihak Pemerintah Kota Tegal kepada masyarakat yang terdampak, khususnya para pekerja harian dan warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Menyikap hal tersebut, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Tegal H. Tengku Rizki Aljupri mendesak Pemerintah Kota untuk segera menyalurkan bansos, baik dalam bentuk uang tunai dan sembako, kepada masyarakat yang penghasilannya terdampak karena penerapan kebijakan PPKM Darurat.

“Saya heran betul, ini PPKM Darurat sudah berjalan 2 minggu, namun belum ada bantuan apa-apa untuk masyarakat. Mereka yang pendapatannya harian mau makan apa? Tolong hari ini juga segera disalurkan bansosnya,” kata Rizki Aljupri, Jumat (16/7/21) melalui sambungan telpon.

Lebih lanjut Rizki mengatakan bahwa penyaluran bansos untuk masyarakat jangan hanya berpatokan pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementerian Sosial. Tapi harus melihat realita saat ini di lapangan.

“Banyak warga yang namanya tidak masuk dalam DTKS karena sebetulnya mereka memiliki pendapatan harian yang lumayan. Misalnya para pedagang atau pelaku UMKM, pekerja ekonomi kreatif, dan masih banyak lagi. Tapi karena adanya pemberlakuan PPKM Darurat, mereka semua jadi tidak memiliki penghasilan,” terangnya.

Lebih lanjut Rizki mengatakan, seperti diketahui bahwa selama penerapan PPKM Darurat, sektor usaha yang tidak masuk dalam sektor esensial dan kritikal diwajibkan 100 persen Work From Home (WFH). Selain itu untuk kegiatan makan dan minum di tempat umum hanya bisa melayani delivery dan tidak menerima makan di tempat.

“Tentunya ini memiliki dampak yang luar bisa terhadap perekonomian masyarakat. Oleh karena itu bantuan dari pihak Pemkot diharapkan dapat meringankan beban hidup masyarakat Kota Tegal,” tandasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!