Fikri Faqih Beri Motivasi Mahasiswa Politeknik Purbaya

Vimanews-TEGAL-Memiliih kuliah di vokasi adalah salah satu langkah tepat untuk bisa sukses di era disrupsi. Karena Kampus vokasi mampu menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kapabel secara ilmu dan keahlian.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih saat menjadi pembicara pada Kuliah Umum untuk Mahasiswa Baru di Politeknik Purbaya, Rabu (8/9/21) lalu.

Selain itu, kata Fikri, juga mempuyai kemampuan soft skill yang baik dan kemantapan keimanan sehingga keluarannya adalah orang yang siap bekerja, siap mengabdi dan siap berwirausaha.

Kuliah umum yang dilakukan hybrid (gabungan luring dan daring) tersebut dihadiri oleh segenap civitas akademika kampus Politeknik Purbaya.

Fikri menyebut tentang konsep pentahelix. Dengan konsep tersebut, lima unsur yakni akademisi, pelaku bisnis, pemerintah, masyarakat dan media harus bekerjasama untuk pembangunan daerah.

“Semua pihak harus punya frekuensi yang sama untuk menciptakan keberhasilan, karena sekarang ini adalah era kolaborasi,” terang anggota DPR RI dari Dapil Jawa Tengah IX tersebut.
Di era industri 4.0 inovasi menjadi hal yang bernilai, bahkan eksistensi dan nilai seseorang dari seberapa besar kemampuan dia berinovasi.

“your ideas are your only currency. Jadi sesorang itu tidak hanya pintar saja, tapi perlu kemampuan menciptakan sesuatu yang baru, berbeda dan dirasakan manfaatnya dan lebih simple,” tegas Abdul Fikri.

Politisi PKS dari daerah pemilihan Kabupaten Brebes, Kabupaten dan Kota Tegal ini menambahkan, tagline Politeknik Teknopreneur sangat tepat untuk diwujudkan agar mahasiswa siap bekerja, mengabdi dan berwirausaha untuk mewujudkan kesuksesan di masa yang akan datang. 

Fikri memaparkan tentang program pemerintah yang mulai memberi perhatian pada dunia vokasi juga di bidang ekonomi kreatif (Ekraf) dengan mencanangkan tahun 2045 Indonesia Hebat.

“Tentunya kesempatan ini akan memberi kesempatan bagi orang-orang yang berkemampuan dalam bidang teknologi untuk sukses di masa yang akan datang,” jelasnya.

Fikri berharap, kelak para mahasiswa mampu mengembangkan dirinya serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk pembangunan daerah.

Dalam kesempatan itu, hadir dan memberikan pengantar Direktur Politeknik Purbaya Titiek Deasy,  yang menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Fikri Faqih memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswanya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!