Baznas Kota Tegal Optimis Sampai Akhir Tahun Dapat Salurkan Rp 1,9 Miliar

Vimanews- TEGAL – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tegal melakukan Pentashorufan Zakat Infak Sodakoh (ZIS) Catur Wulan Ketiga Tahap II, di Aula Kantor Sementara Kecamatan Tegal Selatan, Kamis (25/11/21) siang.

Ketua Baznas Kota Tegal, Harun Abdi Manaf dalam sambutannya menyampaikan rasa optimis sampai akhir tahun 2021 dapat menyalurkan bantuan sebesar Rp. 1,9 miliar.

Hingga catur wulan ketiga tahap II, kata Harun, Baznas telah menyalurkan bantuan sebesar Rp. 1,76 miliar.

“Jumlah dana yang ditashorufkan pada catur wulan ketiga tahap II sebesar Rp. 73.850.000. Adapun penyaluran dana ZIS dari bulan Januari 2021 atau dari catur wulan pertama, kedua dan ketiga sebanyak Rp 1.760.000.000 dan target pemasukkan ZIS tahun 2021 adalah Rp. 1.900.000.000,-,” terangnya.

Untuk tahun 2022, sambung Harun, pihaknya optimis ada peningkatan ZIS cukup signifikan karena potensi zakat di kalangan ASN/BUMD Kota Tegal cukup besar.

Menurut Harun, dari total dana sebanyak Rp. 73.850.000 yang diserahkan hari ini dipergunakan antara lain untuk Pembangunan Gedung TPQ Al-Fatimah Debong Kidul Rp.5.000.000, Rehab Musholla Hidayatulloh Keturen Rp. 2.500.000,-,

Kemudian, Rehab Musholla Baitut Takbir Slerok Rp. 2.500.000, Rehab Musholla SD Muhammadiyah 3 Debong Tengah Rp. 2.500.000, Community TBC-Care Mandiri PD Aisyiyah Kota Tegal Rp. 2.000.000, bantuan Biaya Rumah Sakit an. Bahrudin Keturen Rp. 1.000.000. Serta bantuan pembayaran BPJS dan jenis bantuan berupa kursi roda sebanyak 3 buah.

Selain itu pihaknya juga menyalurkan bantuan Asuransi Syariah JMA KOSPIN JASA Program BAZNAS Kita Jaga Kyai untuk 150 kyai/Ustadz se-Kota Tegal. Bantuan sembako untuk 150 Kyai/Ustadz se-Kota Tegal, berupa beras 1,5 ton dengan total Rp. 15.000.000,- dan tali asih Rp. 15.000.000,-serta bantuan sembako untuk 150 pedagang kecil binaan Baznas.

“Termasuk bantuan dapur umum Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal dan Pemerintah Kecamatan Margadana dari Baznas Tanggap Bencana untuk warga yang terkena musibah Musibah banjir berupa beras 1,5 kuintal dan telur ayam dua peti,” jelas Harun.

Harun Abdi Manaf berharap dukungan selalu dari Wali Kota Tegal agar seluruh ASN dan Karyawan BUMD bisa berzakat atau infak sesuai dengan Perwal Nomor 23 Tahun 2019 dan Instruksi Wali Kota Tahun 2020 tentang Optimalisasi Zakat, Infak dan Sedekah di Kalangan ASN dan Karyawan BUMD di Lingkungan Pemerintah Kota Tegal.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono yang juga hadir bersama Istri sekaligus Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kota Tegal, dokter Roro Kusnabila Erfa Dedy Yon menyampaikan ucapan terimakasih kepada Baznas Kota Tegal yang secara konsisten membantu Pemerintah Kota Tegal dalam pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh.

“Saya berterima kasih kepada Baznas Kota Tegal yang telah secara konsisten membantu Pemerintah Kota Tegal dalam pengumpulan dan penyaluran zakat, infaq dan shodaqoh,” ungkap Wali Kota.

Kedepan, kata Wali Kota, masih banyak program yang dapat dikembangkan oleh Baznas Kota Tegal untuk bersama-sama menolong sesama dan meningkatkan kesejahteraan umat.

“Oleh karena itu, penting bagi Pemerintah dan Baznas Kota Tegal untuk  mengembangkan zakat, infaq dan shodaqoh menjadi lebih baik lagi,” kata Dedy Yon.

Dedy Yon juga berpesan untuk tetap menjaga transparansi pengumpulan dan penyaluran ZIS. Perlu dilaporkan secara berkala dan akuntabel, agar masyarakat percaya bahwa Pemerintah dan Baznas Kota Tegal benar-benar amanah menyalurkan ZIS yang dikumpulkan oleh masyarakat

“Saya harapkan kerja sama yang baik ini akan terus berlanjut. Dan kesadaran ASN serta warga muslim Kota Tegal lainnya akan kewajiban berzakat, berinfaq dan bershodaqoh akan semakin meningkat. Sebab beramal jariyah merupakan bagian dari ketaqwaan beragama,” pungkas Dedy Yon Supriyono.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!