Akhir Tahun Bank Indonesia Bakal Luncurkan BI-FAST

VimanewsTEGAL – Bank Indonesia (BI) meluncurkan BI-FAST pada minggu kedua Desember 2021. Lewat BI Fast nasabah perbankan nantinya bisa melakukan transfer maksimum hingga Rp 250 juta secara real time dengan tarif Rp 2.500.

Untuk diketahui, BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat selama 24 jam.

Kepala KPw Bank Indonesia Tegal, M Taufik Amrozy mengungkapkan, pada tahap awal diluncurkan nanti, akan difokuskan untuk layanan transfer kredit individual.

“BI-FAST dibangun untuk mendukung konsolidasi industri dan integrasi Ekonomi dan Keuangan Digital (EKD) nasional secara end-to-end,” kata Taufik.

Taufik menjelaskan, dengan BI-FAST ini skema harga yang ditetapkan jauh lebih murah dibandingkan dengan sistem sebelumnya, yakni Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI).

Pasalnya kata dia, saat ini SKNBI juga belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan masyarakat karena dibatasi oleh waktu layanan (sesuai window time) dan dana efektif yang belum real-time.

“BI menetapkan batas maksimal nominal transaksi BI-FAST secara bertahap, dengan tahap awal sampai Rp 250 juta per transaksi,”ujarnya dalam media gathering, Sabtu (30/10/21) di hadapan sejumlah awak media. (Harviyanto)

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!