36 Pembina PMR Madya Ikuti Orientasi Managemen PMR

Vimanews-TEGAL-Sebanyak 36 pembina PMR Madya dari sekolah setingkat SMP di Kota Tegal mengikuti orientasi managemen Palang Merah Remaja (PMR) yang digelar Palang Merah Indonesia.(PMI) Kota Tegal.

Orientasi tersebut digelar untuk membangun dan mengembangkan karakter PMR yang berpedoman pada prinsip kepalangmerahan.

Ketua PMI Kota Tegal Agus Dwi Sulistyantono menyampaikan managemen Palang Merah Remaja (PMR) merupakan proses pembinaan dan pengembangan anggota Remaja Palang Merah Indonesia (PMI) agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan PMI.

Menurut Agus managemen PMR bertujuan membangun dan mengembangkan karakter PMR yang berpedoman pada prinsip kepalangmerahan untuk menjadi pendidik sebaya dan agen perubahan Remaja, yang kelak menjadi Relawan PMI masa depan.

“Karakter yang dibangun dan dikembangkan bagi PMR mengacu pada Tri Bakti PMR,” jelas Agus Dwi S.

Hasil yang diharapkan dengan penerapan managemen PMR adalah meningkatnya kualitas positif anggota PMR. Sehingga dapat berperan dalam kegiatan kepalangmerahan, baik dalam hal perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan proses pengambilan keputusan terkait masalah remaja.

“Dengan orientasi ini, kami berharap ada tindak lanjut orientasi pembina PMR sebagai upaya pembinaan PMR disekolah sesuai siklus managemen PMR, mulai dari perekrutan, pelatihan, tri bakti PMR, pengakuan dan penghargaan serta pemantauan evaluasi pelaporan,” ujar Agus.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Tegal Joko Trihadmojo mengungkapkan orientasi pembinaan PMR Madya saat ini sudah dilaksanakan.

Sedangkan untuk pembinaan PMR Wira akan dilakukan minggu depan. Selanjutnya akan dilaksanakan latihan gabungan bersama. Dan apabila situasi memungkinkan akan dilaksanakan uji kecakapan.

“Ada sekitar 36 pembina PMR Madya yang ikut dalam orientasi ini. Selain itu, juga diharapkan semua relawan dapat mengunakan aplikasi SIAMO untuk anggota, baik dari para relawan yang data base sudah terkoneksi pusat,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!