Warga Kota Tegal Yang Lahir 1 Juli Bisa Dapat SIM Gratis

Vimanews-TEGAL-Kabar gembira bagi masyarakat Kota Tegal yang akan membuat Surat Ijin Mengemudi (SIM). Polri akan menggelar program khusus pembuatan SIM berlaku se-Indonesia.

Namun fasilitas khusus itu hanya diberikan satu hari, tepat tanggal 1 Juli.

Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari Wibowo melalui Kasat Lantas Polres Tegal Kota AKP Bakti Kautsar Ali membenarkan hal tersebut.

Bakti menyatakan, fasilitas pembuatan SIM khusus ini sebagai apresiasi Polri bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli.

“Ini sebagai apresiasi bagi warga Kota Tegal yang lahir pada 1 Juli yang bertepatan dengan Hari Bhayangkara,” terang Bakti, Rabu (24/6/2020).

Untuk syaratnya, sambung Bakti, yakni lahir pada tanggal 1 Juli dengan menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK).

“Meski SIM khusus, masyarakat yang akan membuat SIM baru tetap harus lulus uji SIM. Sedangkan SIM perpanjangan bisa langsung,” jelas Bakti.

Dengan adanya program khusus tersebut, masyarakat atau pemohon tidak akan dikenai biaya pembuatan SIM atau Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), termasuk bebas biaya uji kesehatan.

Sementara itu, informasi di pelayanan SIM di Mapolres Tegal Kota, diketahui sudah ada satu orang yang mengajukan permohonan SIM khusus tersebut, Rabu (24/6/2020).

Seperti diketahui, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis PNBP menyebutkan rincian biaya pembuatan SIM.

Biaya PNBP pembuatan SIM A Rp 120.000, untuk SIM C Rp 100.000, sedangkan untuk biaya perpanjangan SIM A Rp 80.000, dan SIM C Rp 75.000. (Red-01/Rosvita)

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!