Wali Kota Tegal Terima Kunjungan Tim Kajian Daerah Wantanas

Vimanews-TEGAL-Pemerintah Kota Tegal mendapat kunjungan Tim Kajian Daerah Sekretariat Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Setjen Wantannas), Selasa (17/11/2020).

Dalam kesempatan itu, Tim Kajian Daerah Watannas diterima Wali Kota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Tegal beserta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan pemerintah Kota Tegal.

Dedy Yon menyampaikan bahwa saat ini Ia sedang melakukan pemerataan pembangunan di empat kecamatan se-Kota Tegal.

Selain itu Dedy Yon juga menyampaikan rencana pengembangan tempat pariwisata di Kota tegal, baik itu dengan gedung-gedung cagar budaya, tempat pariwisata pantai serta jika pandemic Covid-19 berakhir, Ia akan melakukan upaya menarik even-even nasional untuk diselenggarakan di Kota Tegal.

Rombongan Tim Kajian Daerah Watannas, di pimpin oleh Bandep Urusan Sosial Budaya Setjen Watannas Brigjen TNI Heru Triyanto.

Dalam sambutannya Brigjen TNI Heru Triyanto menyampaikan bahwa Wantannas bertugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan gerakan pembinaan gerakan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

Sedangkan Sekretariat Jendral Watannas merupakan supporting unit untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Wantannas, dengan membantu memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional.

Berdasarkan tugas tersebut, Ia bersama rombongan melaksanakan kegiatan kajian daerah secara periodik ke daerah-daerah, dan salah satu daerah yang dipilih pada periode ini adalah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes.

“Merujuk pada tugas dan fungsi Setjen Wantannas, maka salah satu program kerja kami adalah melaksanakan kegiatan kajian daerah secara periodik, dan salah satu dan salah satu daerah yang dipilih pada periode ini adalah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes,” tutur Heru Triyanto.

Ia menyampaikan bahwa lingkup kajian daerah yang di lakukan didaerah-daerah meliputi peninjauan secara langsung, baik secara fisik di daerah melalui peninjauan lapangan.

Termasuk pengumpulan data administratif terhadap kondisi ketahanan nasional di delapan bidang, yakni demografi, geografi, sumber kekayaan, alam, ideology, politik, ekonomi, sosial budaya serta pertahanan dan Keamanan.

Data administrasi tersebut akan dimintakan ke instansi Pemerintah, swasta dan masyarakat yang dapat memberikan informasi atau data-data yang dapat dijadikan kajian telaah dan laporan terkait kondisi ketahanan nasional di daerah.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!