Tengku Rizki: Wali Kota Tegal Harusnya Umumkan Kebijakan Insentif Ekonomi Sebelum Lakukan Lockdown

Vimanews-TEGAL-Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kota Tegal Tengku Rizki Aljupri menyayangkan kebijakan Wali Kota Tegal yang langsung melakukan lockdown tanpa mengumumkan terlebih dahulu kebijakan insentif ekonomi.

“Seharusnya sebelum melakukan lockdown,
umumkan dulu kebijakan insentif ekonomi bagi warga yang terdampak, terutama para pekerja harian,”kata Rizki.

Menurutnya, tidak bijak teriak-teriak lockdown dan menghimbau orang agar tetap di rumah tanpa memberikan insentif, minimal untuk mereka makan sehari-hari.

Sejauh ini, kata Rizki, Ia mengapresiasi langkah Pemkot dalam mencegah penyebaran virus corona.

“Alhamdulillah sampai dengan hari ini belum ada warga Kota Tegal yang positif Covid-19. Semoga jangan sampai ada yang terkena,” harapnya.

Tapi, sambungnya, sebagai Anggota Dewan, ia belum mendengar langkah yang akan diambil oleh Wali Kota dalam mengantisipasi dampak perlambatan perekonomian dari wabah virus corona.

“Ini sangat ditunggu-tunggu oleh warga Tegal. Masih banyak warga yang hidupnya bergantung pada pendapatan harian. Ibarat nya tidak keluar hari itu yang tidak makan. Nasib mereka bagaimana? Ini harus dipikirkan juga oleh Pemkot,” ungkap Rizki.

Belum lagi, menurutnya, para pengusaha yang omset nya terjun bebas karena dampak corona ini. Salah satunya para pedagang pasar.

Lebih lanjut Rizki mengatakan bisa berbahaya jika mereka sampai tidak sanggup bayar gaji karyawan nya dan akhirnya berujung pada PHK. Apalagi bulan depan sudah masuk bulan Ramadhan.

“Kami Fraksi PAN juga mempertanyakan tujuan Pemkot mematikan lampu PJU di jalan-jalan utama,” ujarnya.

Justru hal ini, akan menimbulkan rasa takut di kalangan warga masyarakat Kota Tegal, dan juga dapat mengundang tindak kriminal atau kejahatan bagi para pengendara yang memang terpaksa harus keluar rumah, dikarenakan kondisi jalanan yang gelap.

Fraksi PAN juga mengusulkan, seluruh pejabat Pemkot jangan ada yang berpergian ke luar kota Tegal dulu.

Jika ada yang ke luar kota, sebaiknya ketika kembali ke Kota Tegal langsung diperiksa tes.

“Kami mempertanyakan, kebijakan insentif atau kompensasi ekonomi apa yang sudah disiapkan oleh Pemkot untuk mereka yang terdampak? “tandasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply