SIPI Tak Kunjung Terbit, Ratusan Nelayan Datangi Kantor PPP Tegalsari

Vimanews-TEGAL-Kekecewaan para Nelayan akan keterlambatan penerbitan Surat Ijin Penangkapn Ikan (SIPI) membuat mereka mendatangi kantor DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, meminta untuk segera mengambil langkah penyelesaian masalah tersebut.

Pelaksana Harian Ketua HNSI Kota Tegal Riswanto kepada para nelayan mengatakan terkait SIPI, pihaknya telah mengambil sejumlah langkah. Di antaranya dengan menemui pejabat di Jakarta.

“Hasilnya, nelayan diundang ke Semarang. Namun, ternyata sampai hari ini belum diterbitkan,” terang Riswanto,

HNSI, kata Riswanto berjanji akan memfasilitasi nelayan untuk bertemu dengan pihak otoritas terkait. Paling tidak nantinya ada surat pengganti SIPI, sehingga nelayan bisa segera melaut.

Kemudian para Nelayan, pengurus DPC HNSI Kota Tegal dan pengurus PNKT mendatangi Kantor Pelabuhan Perikanan Pantai Kota Tegal yang kemudian ditemui oleh Pihak terkait termasuk Komandan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Agus Haryanto SE, M.Tr.Hanla beserta Kapolres Tegal Kota.

Tuti Supriyatin,  Plt Kepala Pelabuhan Perikanan Pantai Tegalsari Kota Tegal usai melakukan audensi menjelaskan persoalan ini sudah lama dan sudah dilaporkan kepada Dirjen Perikanan Tangkap Zulfikar bahwa di Tegal telah terjadi gejolak terkait keterlambatan penerbitan SIPI.

“Walaupun ini bukan kewenangan kami karena ini SIPI diatas 30 GT yang penerbitnya pusat. Akan tetapi bagaimanapun karen kami yang berada di lapangan mereka menuntutnya kepada kami, “ungkapnya.

Dan, lanjut Tuti, Alhamdulillah hari ini kami telah mendapatkan solusi dan kesepakatan semoga bisa berjalan dan ini kami ingin memberikan solusi tapi tidak melanggar hukum.

“Kami sangat berterima kasih kepada Danlanal dan Kapolres yang sudah mendukung, sehingga dalam pelaksanaanya kami ada dukungan karena ini adalah betul-betul solusi diskresi yang harus diambil, “terangnya.

Lebih lanjut Tuti menjelaskan agar nelayan bisa segera melaut, maka akan dibuatkan surat pengganti seperti surat keterangan bagi kapal yang sudah membayar PHP. Namun yang masih dalam proses belum bisa dibuatkan.

“Adapun bentuk surat yang akan dikeluarkan akan dibicarakan dengan jajaran terkait sehingga tidak ada potensi pelanggaran hukum,”pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply