Sidak Pasar, Walikota Tegal Temukan Cumi dan Teri Kering Berformalin

Vimanews-TEGAL-Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono kembali melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) makanan dan obat obatan bersama Dinas Kesehatan Kota Tegal, Selasa (19/11/19).

Kali ini sidak dilakukan ke Pasar tradisional Pasar Pagi Kota Tegal dan ke toko Obat di Jalan Setiabudi Kota Tegal.

Dalam sidak tersebut, Dedy Yon menemukan pedagang ikan kering yang menjual cumi- cumi dan ikan teri mengandung formalin.

Saat ditanya kulakan di mana, dua pedagang tersebut mengaku membeli cumi- cumi dan ikan teri dari penjual bernama RSD di Pasar Brebes.

Menurut pengakuan seorang pedagang ikan kering, Hasan (35), Ia tidak tahu kalau ikan kering yang dijualnya mengandung formalin.

“Saya tidak tahu mana yang mengandung formalin, mana yang tidak. Kulakannya di Pasar Brebes,” akunya.

Menanggapi hal tersebut, Dedy Yon mengatakan, cumi- cumi dan ikan teri dengan kandungan formalin sangat berbahaya untuk dikonsumsi.

Dedy mengaku langsung berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Brebes untuk menindaklanjuti adanya laporan dari pedagang Pasar Pagi Kota Tegal.

“Saya sudah koordinasikan dengan Pemkab Brebes, karena pengakuan pedagang membelinya di Brebes. Kami berharap Pemkab Brebes segera menindak lanjuti temuan kami ini,” ujar Dedy Yon.

Termasuk nama pedagangnya, tadi sudah kami sampaikan.

Sementara Kepala Dinkes Kota Tegal, Sri Primawati Indraswari mengatakan, pengawasan makanan ini menjadi upaya agar makanan yang beredar di Kota Tegal tetap aman.

Prima menjelaskan, sidak kali ini masih dalam tahap sosialisasi dan edukasi kepada para pedagang.

“Ini masih sosialisasi, bisa jadi para pedagang kecil tidak tahu kandungan dalam makanan yang dijualnya.Jika dalam sidak selanjutnya masih ada, baru dilakukan penindakan,” tandasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply