RSUD Kardinah Raih Penghargaan WBK Kemenpan RB

Vimanews-TEGAL-Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kardinah mendapatkan penghargaan Wilayah Bebas dari korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas upayanya dalam menjadi unit pelayanan dengan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan RB Cahyo Kumolo dan diterima oleh Plt. Direktur RSUD Kardinah Hery Susanto pada acara Penganugerahan Zona Integeritas Unit Kerja Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (10/12/19).

Wali Kota berharap kedepan, RSUD Kardinah bisa mempertahankan atau bahkan meningkatkan predikatnya dengan mendapatkan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan bisa menjadi percontohan OPD lain di Kota Tegal.

Plt. Direktur RSUD Kardinah, Hery Susanto bersyukur kepada Allah. SWT yang untuk pertama kalinya kota Tegal dibawah kepemimpinan Dedy-Jumadi mendapatkan predikat penghargaan Zona Integeritas wilayah Bebas dari Korupsi, dan ini merupakan pencapaian yang patut di syukuri karena ada dua aspek yang dinilai yakni aspek Indeks Persepsi Anti Korupsi dan Indeks Persepsi Pelayanan Publik.

“Ini merupakan kebanggan dari RSUD Kardinah kota Tegal, dimana untuk pertama kali RSUD Kardinah menerima penghargaan ini” tutur Hery Susanto.

Hery berharap mudah-mudahan dimasa yang akan datang OPD lain dan Unit Pelayanan lain di Kota Tegal bisa mendapatkan penghargaan serupa.

Saat ini RSUD Kardinah mendapat persepsi masyarakat terhadap anti korupsi, dimana yang dinilai adalah RSUD Kardinah tidak ada percaloan, tidak ada pungutan liar dan tidak ada diskriminasi didalam penilaian, dan pelayanan terhadap masyarakat yang baik.

Penghargaan ini, kata Hery akan berusaha dipertahankan dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dimana disana ada kemudahan dalam pelayanan, pengguna jasa, kecepatan dan keramahan dan kemudahan akses.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Tegal, Ismail Fahmi mejelaskan penilaian diawali dari pengusulan unit kerja yang diusulkan oleh Pemerintah Kota Tegal pada bulan Mei 2019. Pada saat pengusulan Pemkot Tegal mengusulkan tiga unit kerja, diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tegal, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal.

Dari hasil pengajuan ketiga unit kerja tersebut lolos hanya RSUD Kardinah, dimana pada bulan Agustus 2019 dilakukan evaluasi pembangunan zona integeritas, bulan September dilakukan survey hasil pelaksanaan reformasi birokrasi dan pada bilan November 2019 dilakukan kunjungan lokasi oleh tim penilai Kemenpan RB ke RSUD Kardinah dan di bulan Desember apresiasi dan penganugerahan di berikan langsung oleh Menpan RB, Cahyo Kumolo.



You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!