Ribuan Warga Kota Tegal Ikuti Salat Id Di Masjid Agung

Vimanews-TEGAL-Ribuan warga Kota Tegal dan sekitarnya, Minggu (24/5/2020) memadati Masjid Agung Kota Tegal untuk mengikuti salat Idul Fitri 1441 H.

Salat Idul Fitri digelar Masjid Agung Kota Tegal setelah Kota Tegal dinyatakan sebagai Zona Hijau Covid-19 dan mendapatkan ijin dari Pemerintah Kota Tegal dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Kapasitas Masjid Agung Kota Tegal, dengan tanpa jarak menampung sekira 4.500 jemaah. Untuk pelaksanaan salat Idul Fitri saat ini karena kita menggunakan dengan jarak, menjadi 1.000 jemaah,” terang pengurus Masjid Agung Tegal, Abdul Hayi usai pelaksanaan Salat Idul Fitri.

Hayi memperkirakan ada ribuan jemaah yang berada di luar masjid, seperti di jalan maupun alun-alun Kota Tegal. Pelaksanaan salat Id ini juga bersinergi dengan Dinkes yang menyiagakan petugas kesehatan dan mobil ambulans.

“Kepada Pemerintah Kota Tegal, Dinas Kesehatan dan Puskesmas, termasuk petugas mobil ambulans dan tenaga medis, pengurus Masjid Agung mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan dukungan protokol kesehatan pada salat Idul Fitri,” katta Hayyi.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi mengatakan salat Id ini digelar untuk menghormati masyarakat muslim. Selain itu, untuk mengakomodir warga yang akan salat Id saat hari raya.

“Daripada mereka tidak paham tentang protokol kesehatan, kemudian mereka tidak taat aturan. Lebih baik dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Jumadi usai mengikuti salat Idul Fitri.

Pihaknya, sambung Jumadi, juga sudah memberikan arahan kepada warga agar tidak bersalaman dan menjaga jarak. Pelaksanaan salat Id ini tetap digelar dengan pertimbangan Kota Tegal yang kini sudah menjadi zona hijau.

“Karena Kota Tegal sudah zona hijau. Saya kira apapun kita lakukan sudah mengikuti dengan baik, kan pelaksanaan cuma sebentar juga. Tadi khotbah juga kita minta untuk tidak lama-lama, paling hanya sekira 30 menit saya kira oke lah,” ucapnya.

Salat Id di Masjid Agung Kota Tegal ini dipimpin Habib Muhammad bin Mustofa Al Attas sebagai khatib, Al Ustadz H Imam Ahmad Baehaqi sebagai imam dan Al Ustadz Muhammad Ridlo sebagai imam takbiran.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!