PT SBI Brebes Ekspor Pasta Bawang Merah 14 Ton Perbulan Ke Arab Saudi

Vimanewa-BREBES- PT. Sinergi Brebes Inovatif (SBI) merupakan produsen pasta bawang merah pertama di Indonesia.

Dibawah General Manager Dienda Lora Buana (24), perusahaan ini mampu mengekspor pasta bawang merah 14 ton perbulan ke Jeddah, Arab Saudi.

“Saat ini kebutuhan ekspor ke Arab Saudi baru terpenuhi sekitar 24 ton dan ada kemungkinan order akan diteruskan hingga 90 ton,” ungkap Dienda, Selasa(21/1/2020).

Perusahaan yang berdiri melalui akta notaris no. 28, tanggal 25 April 2018 ini, memiliki kapasitas produksi 1,5 ton pasta/hari dengan pembagian waktu kerja 2 shift selama 26 hari kerja per bulan.

“Untuk memenuhi kuota ekspor ke Arab Saudi, persediaan bahan baku di support dari kelompok tani,” katanya.

PT. SBI memiliki kelompok tani yang diberi nama Sido Makmur. Sido Makmur sendiri berdiri tahun 1998 dibawah pimpinan Juwari sebagai ketua kelompok tani dimana kelompok tani ini berlokasi di Desa Sida Mulya, Wanasari, Brebes.

Pemasaran selain ke Arab Saudi, PT. SBI pun memasarkan ke industri bumbu seperti PT. Pacira Distrinusa, perhotelan, restoran, katering.

“Kami pun melayani pemesanan luar kota seperti Jakarta, Surabaya,” kata Dienda.

Dalam menjalankan bisnisnya, tidak selalu lancar. PT. SBI pun mengalami kendala seperti kelangkaan bahan baku, saat harga naik, bahkan minimnya modal untuk memenuhi stok bahan baku.

Dengan kendala seperti itu, khususnya kelangkaan bahan baku diperlukan solusi untuk mengatasinya dengan penataan produksi di daerah-daerah sentra bawang merah.

Selain itu, Pria lulusan Teknik Kimia UIN Yogyakarta ini berharap agar pemerintah mempermudah regulasi dan mempercepat perizinan seperti perizinan pengolahan limbah yang selama ini lama penanganannya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply