Pengabdian Masyarakat, Prodi Kebidanan Politeknik Harapan Bersama Kenalkan Manfaat Tanaman Binahong

Vimanews-TEGAL-Program studi D III Kebidanan Politeknik Harapan Bersama merupakan perguruan tinggi swasta yang menjalankan peranannya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen Prodi D3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama dengan melibatkan mahasiswa tidak lepas dari masalah kesehatan ibu dan anak yang ada di Kota Tegal.

Dosen Kebidanan Politeknik Harapan Bersama Adevia Maulidya Chikmah, S.ST, M.Kes mengatakan salah satu program yang dapat dilaksanakan oleh perempuan dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, khususnya di bidang pangan adalah program penanaman dan pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Program ini, katanya, sekaligus menyikapi menurunnya daya beli masyarakat akibat harga obat yang semakin mahal, sehingga secara tidak langsung berdampak pada menurunnya derajat kesehatan masyarakat.

TOGA adalah tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Penanaman TOGA dapat di pot atau di lahan sekitar rumah, dan jika lahan yang ditanami cukup luas maka sebagian hasil panen dapat dijual dan menambah pendapatan keluarga.

Salah satu tanaman yang bermanfaat yaitu Binahong. Tanaman rambat yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat.

“Tanaman pendatang baru ini, jarang kita temui didapur. Kebanyakan ditemui dipekarangan rumah, kebun kecil atau pun didalam pot. Karena disamping penggunaanya sebagai tanaman obat juga sangat manjur bila digunakan sebagai tanaman hias didepan rumah,”terang Adevia, Rabu (15/1/2020)

Menurutnya, tanaman binahong mudah sekali dan cepat dikembangkan cukup dengan setek saja. Dalam waktu 3 atau 4 hari setelah setek anda lakukan tunas baru akan tumbuh. Setek tanpa perlakuan khusus seperti penambahan ZPT ataupun penyungkupan. Langsung tancap saja dalam media tanah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Dosen Kebidanan Politeknik Harapan Bersama yang diketuai oleh Adevia Maulidya Chikmah, S.ST, M.Kes, bersama Juhrotun Nisa, S.ST, MPH, dan Aldi Budi Riyata, S.Si, MT, menunjukkan bahwa Spray Gel Binahong efektif untuk penyembuhan luka perineum pada ibu pasca bersalin.

“Melihat hasil penelitian tadi, kami berinisiatif melakukan Pengabdian Masyarakat dengan menggandeng Kelompok Wanita Tani Jakwire Tegal Kelurahan Margadana untuk melakukan Budidaya Binahong,” kata Adevia.

Pengabdian Masyarakat dilaksanakan tanggal 14 Januari 2020 lalu, di Kelurahan Margadana Kecamatan Margadana Kota Tegal dengan tema “Pemberdayaan Wanita Melalui Budidaya Tanaman Binahong sebagai TOGA untuk meningkatkan Pendapatan Keluarga”.

Kegiatan yang dilaksanakan di rumah ketua KWT Jakwire Tegal (Khusnul Khotimah) tersebut mendapat sambutan dan atusias dari anggota KWT.

“Dalam sosialisasi diperkenalkan tanaman binahong, manfaat binahong, penelitian seputar binahong, kewirausahaan tentang binahong, dan diakhiri dengan pembagian binahong kepada anggota KWT dan penanaman binahong,”ujarnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply