Penculikan Anak Gegerkan Warga Jalan Beo

Vimanewa-TEGAL-Warga jalan Beo Kelurahan Randugunting Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal, Jumat (9/8/19) pagi digegerkan oleh peristiwa penculikan anak berusia tiga tahun.

Penculikan terhadap Musa Askhadul Kahfi (3) Anak pasangan Andi Kurniawan (36) dan Aida Abdulloh (32) terjadi sekira pukul 07.30 WIB.

Beruntung penculikan berhasil digagalkan seorang warga yang melihatnya.

Kapolsek Tegal Selatan Kompol Juharno, menjelaskan berdasarkan keterangan saksi Sendi Putri (23) yang merupakan tetangga korban melihat pelaku yakni Vidia (24) warga Jalan Teuku Cik Dirito, Kota Tegal berjalan bersama korban.

“Kira-kira 150 meter dari rumah korban, tetangganya melihat kalau korban dibawa bersama orang yang tidak dikenal,” ungkap Kapolsek.

Kemudian, karena curiga saksi buru-buru melaporkan kepada ibunya. Mengetahui itu, ibu korban langsung mengejar dan pelaku berhasil diamankan oleh warga sekitar.

“Untungnya pelaku tidak dimasa oleh warga. Pelaku kemudian diamankan dan di bawa ke Polsek Tegal Selatan,” ujarnya.

Pelaku, menurut Kapolsek, sengaja dari rumah menyusuri jalan dan sesampainya di TKP, pelaku melihat korban sedang bermain di halaman rumahnya dan langsung membawa pergi korban.

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, pelaku menurut keterangan ibunya mempunyai gangguan kejiwaan. Sebab, pelaku kerap bertingkah tidak wajar. Misalnya, sering membawa sepeda milik orang lain.

Namun, lanjut Kapolsek, pihak kepolisian tidak akan percaya begitu saja. Pihaknya akan membawa pelaku kepada dokter spesialis supaya mengetahui apakah pelaku benar-benar memiliki gangguan jiwa atau hanya pura-pura.

“Kalau hasilnya normal, maka proses hukum akan ditegakan. Akan terus berlanjut karena melanggar Pasal 328 KUHP, ancaman hukuman 12 tahun,” tegasnya.

Penyidik juga menjerat pelaku dengan tuntutan subsider pasal 78 UU nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukuman maksimal 5 tahun dan atau denda Rp100 juta.

“Jika pelaku dinyatakan mengalami gangguan kejiwaan, maka kasus ini akan diberhentikan,”pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply