Pemkot Tegal Terima Hibah Mesin Predator Sampah

Vimanews-TEGAL-Mengatasi permasalahan sampah di Kota Tegal, Pemerintah Kota Tegal mendapatkan hibah mesin predator sampah dari PT. Kemasan Ciptatama Sempurna.

Mesin tersebut berfungsi sebagai pengolah sampah menjadi briket yang digunakan untuk bahan bakar pengganti bahan bakar fosil.

Briket hasil pengolahan sampah terebut nantinya akan bernilai ekonomi tinggi.

Untuk memastikan kinerja mesin berfungsi dengan baik sebelum diterima Pemkot Tegal, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi melihat cara pengoperasian mesin tersebut di salah satu Pabrik PT Kemasan Ciptatama Sempurna di Jawa Timur, Selasa (21/07/2020).

Jumadi dan rombongan diterima Owner PT Kemasan Ciptatama Sempurna Group yang juga Pembina Yaksindo PKPS serta Sekjen Adupi Wahyudi Sulistya dan Pengawas Yaksindo, Inisiator PKPS dan Direkur GIF Asrul Hosain beserta manajemen PT Kemasan Ciptatama Sempurna.

Dengan adanya mesin predator sampah hibah PT Kemasan Ciptatama Sempurna permasalahan sampah di Kota Tegal diharapkan dapat diatasi.

Hampir semua kota di Indonesia, kata Jumadi, menghadapi permasalahan sampah. Tak terkecuali Pemkot Tegal.

Untuk itu, Pemerintah Kota Tegal bekerja sama dengan Yaksindo dan elemen lainnya untuk menjadikan kota Tegal sebagai satu-satunya kota  yang ramah terhadap sampah.

Sebelumnya Pemkot Tegal juga mendapatkan mesin menghancur stereofoam dari Yaskindo.

“Tiada lagi adanya pelarangan sampah, tapi bagaimana kita mensinergikan dan mengkolaborasikan berbagai elemen ini untuk mengolah sampah. Saya kesini melihat langsung bagaimana mesin ini bekerja,” kata Jumadi.

Nanti, sambungnya, mesin ini akan kita pakai di Kota Tegal sekaligus sebagai pilot project disana.

Menurut Jumadi, Pemkot Tegal pernah memanfatkan aspal dari campuran sampah plastik dan saat ini memanfaatkan sampah sebagai upaya solusi total untuk ketahanan pangan, ketahanan energi, dan konservasi alam.

“Sehingga kita mencari kira-kira solusi apa yang total solution biar selesai semua. Ini yang semestinya menjadi parameter baik pemerintah daerah atau pusat untuk berpikir cerdas dalam mengolah sampah,”jelasnya.

Jadi, yang sebelumnya tidak ada sampah setelah digunakan menjadi sampah dan kemudian kembali tidak ada sampah atau zero waste dan dengan adanya nilai jual tersebut inilah yang dinamakan sircular economi.

Mesin predator hibah dari PT Kemasan Ciptatama Sempurna rencananya akan dioperasikan di TPST Mintaragen Kelurahan Mintaragen Kecamatan Tegal Timur sesuai arahan Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono.

“Mungkin nanti di setiap kecamatan di Kota Tegal ada solusi ini. Jadi tidak ada lagi sampah di Kota Tegal yang tidak dimanfaatkan,” jelas Jumadi.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!