Pemkot Tegal Kembangkan Jaringan Pemasaran IKM Lewat Apik Banget Virtual Expo 2020

Vimanews-TEGAL-Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (Disnakerin) Kota Tegal menggelar “Asosisiasi Pengrajin Industri Kecil Menengah Mengembangkan Kota Tegal (Apik Banget) Virtual Expo 2020”.

Apik Banget Virtual Expo 2020 dibuka oleh Asissten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, mewakili Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono, di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal, Rabu (2/12/2020).

Kepala Disnakerin Kota Tegal Redemtus Heru Setyawan mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mengembangkan jaringan pemasaran melalui kerja sama dengan distributor ataupun pasar modern baik melalui jalur konvensional maupun pemasaran secara online.

Mengapa harus virtual expo? Menurut Heru, hal tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Tegal Tahun 2019-2024.

“Yakni sebagai upaya mengembangkan ekonomi kerakyatan dan ekonomi kreatif dan mendorong pelaku IKM kota Tegal mengenalkan produk unggulan melalui media digital,” terangnya.

Tujuannya, sambung Heru, sebagai upaya untuk perluasan akses pemasaran, selain membangun kolaborasi dan sinergi antar pelaku IKM untuk maju dan sukses bersama.

“Kegiatan ini sejalan dengan mengimplementasikan Program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bangkit Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ungkapnya.

Virtual Expo, imbuhnya, akan dilaksanakan selama dua hari, Rabu-Kamis 2-3 Desember 2020.

Lebih lanjut Heru menyampaikan berbagai agenda telah disiapkan dalam Apik Banget Expo 2020 dimulai dengan dialog virtual “Memburu Potensi Bisnis Pelaku IKM” pada Rabu 2 Desember 2020.

Dan Kamis 3 Desember 2020 akan dilakukan dialog “IKM Kota Tegal tetap Produktif dan Kreatif di Era New Normal”.

Tak lupa dimasa Pandemi Covid-19 ini, untuk mencegah penularan Covid-19bazar-bazar di Apik Banget Virtual Expo 2020 diberlakukan Pandemic Safety-Based Bazaar (PSBB).

“Bagi masyarakat yang ingin mengetahui produk yang dipamerkan, Disnakerin sudah menyiapkan wadah bagi IKM agar masyarakat yang ingin melihat langsung produk-produk IKM bisa langsung mengakses http://bit.ly/e-catalogvirtualexpo,” terangnya.

Sementara, dalam sambutan Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono yang dibacakan oleh Asissten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tegal, Herlien Tedjo Oetami, menyampaikan apresiasi kepada panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan IKM Virtual Expo.

“Apik Banget Virtual Expo ini akan menjadi wadah yang sangat penting bagi semua produsen, distributor dan konsumen bahkan para vendor atau jasa pelayanan teknis peralatan pendukung UMKM dan IKM,” kata Wali Kota.

Wakil Wali Kota Tegal, Muhamad Jumadi, yang tersambung dalam Dialog Interaktif melalui aplikasi Zoom Meeting juga berpesan agar pelaku IKM jangan patah semangat.

“Dimasa pandemi ini semua pelaku IKM harus pandai mencari peluang dan jangan mau ketinggalan dengan melakukan digitalisasi pemasaran,” ujar Jumadi.

Apik Banget Virtual Expo 2020 menampilkan produk-produk 50 pengrajin Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Tegal, yang dibagi kedalam 5 zona, yakni, zona Craft, Kriyadan Aneka yang mewadahi 9 IKM.

Zona Fesyen dan Tekstil yang mewadahi 11 IKM, Zona Logam dan Furniture yang mewadahi 7 IKM, Zona Minuman dan Herbal yang mewadahi 7 IKM, Zona Produk Pangan yang mewadahi 16 IKM.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!