Pemkot Tegal Izinkan Sholat Idul Fitri Dilaksanakan Di Masjid

Vimanews-TEGAL- Pemerintah Kota Tegal mengizinkan Sholat Idul fitri pada Hari Raya Idul Fitri 2020 / 1441 Hijriyah dilaksanakan di masjid masjid di Kota Tegal, Minggu (25/5/2020) mendatang.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, Senin (18/5/2020) di ruang kerjanya.

Jumadi mengatakan, keputusan diperbolehkannya masjid masjid melaksanakan Sholat Ied tersebut turun dari keputusan Wali Kota Tegal berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 28 Tahun 2020.

Dalam Fatwa MUI tersebut, kata Jumadi, daerah yang mampu menahan laju penyebaran virus corona atau Covid-19 diperbolehkan menggelar ibadah di masjid atau lapangan.

“Kota Tegal yang sudah dinyatakan zona hijau berarti diperbolehkan,”ujar Jumadi.

Pihaknya, sambung Jumadi telah berkoordinasi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Kota Tegal dipersilahkan untuk mengikuti anjuran dari MUI.

“Tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat. Pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” terang Jumadi.

Sementara itu, Pengurus Masjid Agung Kota Tegal, A Hayi menyampaikan, Pemerintah Kota Tegal telah merespon surat permohonan/ izinkan untuk melaksanakan sholat Idul Fitri di Masjid Agung meluas sampai sekitar Masjid atau meluas ke Alun-Alun.

Pelaksanaan sepakat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal, dititik beratkan pada protokol kesehatan.

Panitia dan Dinas Kesehatan akan menempatkan tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di beberapa titik, hand sanitizer dan thermogun.

“Bagi warga masyarakat yang akan menunaikan sholat Idul Fitri di Masjid Agung, disarankan agar sudah mensucikan dari rumah dan wajib memakai masker,” ujar Hayi.

Untuk menghindari jama’ah membludak pihak pengurus masjid Agung tidak melakukan publikasi.

“Warga masyarakat yang hendak menunaikan sholat Idul Fitri tidak harus di Masjid Agung tetapi bisa di tempat lain yang melaksanakan,”tandasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!