Peerintah Kota Tegal Kembali Raih Penghargaan

Vimanews-SUKOHARJO-Berkat banyaknya inovasi dibidang layanan publik yang diciptakan, Pemerintah Kota Tegal kembali mendapatkan penghargaan sebagai Juara Utama Kota pada Anugerah Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kamis (29/11/19).

Penghargaan bergengsi tersebut diberikan secara langsung oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jawa Tengah Sarwa Pramana kepada Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi, pada kegiatan Semiloka Nasional 2019 yang bertajuk Penguatan Inovasi Menuju Daya Saing dan Kemandirian Bangsa di Best Western Premier Hotel Sukoharjo.

Muhamad Jumadi yang akrab disapa MJ pun mengungkapkan bahwa penghargaan ini selain menjadi bukti kerja pemerintah kepada masyarakat, juga menjadi awal baik bagi Kota Tegal menjadi salah satu kota di Jawa Tengah yang maju dan diakui memiliki daya saing tinggi karena kaya inovasi.

Pencapaian ini juga dikatakan MJ tidak lepas dari berbagai inovasi dibidang layanan publik seperti diantaranya aplikasi layanan antar dokumen kependudukan”Jakwir Cetem” dan aplikasi layanan penanganan gawat darurat “Lekon Tangi”.

Atas pencapaian tersebut dirinya kemudian meminta kepada seluruh OPD agar dapat melakukan inovasi disemua bidang yang bermanfaat bagi masyarakat.

“Sekarang era nya teknologi infromasi, menjadi tugas bagi kami Dedy-Jumadi menjadikan OPD untuk terus berkreasi ciptakan inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat,”tegasnya.

Adapun pengukuran Indeks Daya Saing Daerah sendiri terdiri dari 9 tahapan yakni, sosialisasi dan publikasi, Konfigurasi Sistem, Input/Ubah Profil Peserta. Pengisian Indikator/Kuesioner Verifikasi,

Termasuk, Masa Sanggah Verifikasi, Perhitungan Nilai Indeks, Penyusunan Analisis Hasil Pengukuran IDSD serta Penyerahan Laporan Hasil Pengukuran.

Selain memberikan penghargaan bagi Pemerintah Kota Tegal, kegiatan yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah ( BP4D) Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Kemenristek/ BRIN tersebut juga memberikan penghargaan berbagai kategori kepada 14 Kota /Kabupaten lainnya di Jawa Tengah.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply