Pangkalan TNI Angkatan Laut Tegal Melaksanakan Uji terampil Glagaspur P1/P2

Vimanews-TEGAL-Suara rentetan tembakan tiba tiba terdenganr dari Markas Pangkalan TNI AL Tegal membuat kepanikan warga sekitar Mako, namun itu semua hanya latihan uji terampil P1/P2 di Mako Lanal Tegal.

 

Tim Uji terampil dari Kolatarmatim yang berjumlah 12 Personel dan dipimpin Oleh Katim Uji Terampil Letkol Laut (P) D.A. Mansyur di Mako Lanal Tegal yang dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu dan Senin (16 dan 18 Desember 2017).

 

Adapaun materi yang diujikan pada hari pertama antara lain tes tertulis sesuai bidang tugas, bongkar pasang senjata laras panjang SS 1, bongkar pasang senjata pistol, peluit dan tali temali, komunikasi, Uji PBB, Upacara Penaikan Bendera, timbang terima penjagaan, Penempatan kawal jaga, Palripe / Jajar Kehormatan, Renang Militer, SAR Laut, Evakuasi Pasien, Dan uji peranngkat lunak di tiap tiap Satker, PHH, Upacara Pemakaman jenazah.

 

Pelaksanaan hari uji terampil hari kedua dengan materi Pertahanan Pangkalan (Hanlan), peraturan Baris berbaris (PBB), Penindakan Huru Hara (PHH) dengan pengandalian massa yang menyuarakan aspirasinya.

 

Di lanjutkan dengan materi anti Sabotase dan teror dimana tim penguci memasang simulasi Bom di area Mako Lanal Tegal yang berhasil disisir dan diidentifikasi personel Gabungan Intelijen dan Polisi militer TNI AL/ POMAL Lanal Tegal.

 

Adapun uji terampil terakhir melaksanakan peran tempur bahaya umum, dengan simulasi adanya penyerangan Mako Lanal Tegal oleh kelompok separatis bersenjata yang berhasil di lumpuhkan dan peran tempur bahaya udara dimana adaanya pesawat yang akan menyerang diteruskan peran kebakaran akibat serangan pesawat lawan api dapat di padamkan oleh personel Lanal Tegal dan dibantu dengan 1 unit Kendaraan Damkar, dilanjutkan Upacara Persemayaman.

 

Uji terampil Glagaspur P1 dan P2 lanal Tegal dilaksanakan dengan baik. Pelaksananan Uji terampil P1/P2 merupakan upaya pimpinan untuk mengetahui dan mengukur sejauh mana kemampuan dan kesiapan suatu pangkalan dalam menghadapi ancaman dan gangguan dari pihak lawam. Serta hasil evaluasi oleh tim penguji Kolatarmatim menambah dan meningkatkan profesionalisme Prajurit Lanal Tegal.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply