New Normal, Nikah Boleh Tapi Harus Terapkan Protokol Kesehatan

Vimanews-TEGAL-Di era New Normal Kementerian Agama Kota Tegal telah mengizinkan pelaksanaan pernikahan di KUA maupun diluar KUA dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Kepala Kementerian Agama Kota Tegal Ahmad Farkhan, menjelaskan, hal tersebut sesuai surat edaran Nomor P-006/DJ.III/HK.00.7/06/2020 tentang Pelayanan Nikah Menuju Masyarakat Produktif Aman Covid yang ditandatangani oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin.

Dalam surat edaran itu, kata Farkhan disebutkan untuk mencegah dan mengurangi risiko penyebaran wabah COVID-19 dan melindungi pegawai KUA Kecamatan serta masyarakat pada saat pelaksanaan tatanan normal baru, pelayanan nikah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

“Pendaftaran nikah dapat dilakukan secara online antara lain melalui website simkah.kemenag.go.id. telepon, e-mail atau secara langsung ke KUA Kecamatan,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan akad nikah, menurutnya dapat diselenggarakan di KUA atau di luar KUA. Dengan syarat peserta prosesi akad nikah yang dilaksanakan di KUA atau di rumah diikuti sebanyak-banyaknya 10 orang.

“Peserta prosesi akad nikah yang dilaksanakan di Masjid atau gedung pertemuan diikuti sebanyak-banyaknya 20% dari kapasitas ruangan dan tidak boleh lebih dari 30 orang,” ujar Farkhan.

Lebih lanjut Farkhan menjelaskan, dalam hal pelaksanaan akad nikah di luar KUA, Kepala KUA Kecamatan dapat berkoordinasi dan bekerja sama dengan pihak terkait atau aparat keamanan.

“Hal tersebut untuk pengendalian pelaksanaan pelayanan akad nikah agar dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat,”tandasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!