Mulai Pekan Depan Tidak Pakai Masker Di Kota Tegal Kena Denda Rp 100.000

Vimanews-TEGAL-Tiga Pilar mengelar gerakan bersama pembagian masker dan sosialisasi 4 M memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, Kamis (10/9/2020) siang.

Termasuk sosialisasi Perwal No. 29 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Perwal No. 13 Tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kota Tegal, salah satunya sanksi denda.

Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi yang didampingi Forkopimda Kota Tegal menjelaskan kegiatan gerakan bersama pembagian masker hari ini dilakukan serentak di secara nasional.

“Semua bersinergi melaksanakan pembagian masker secara nasional seluruh Indonesia. Sekaligus sosialisasi terkait regulasi undang undangdan perwali,” jelas Jumadi.

Jadi, kata Jumadi, mulai sekarang siapapun yang tidak pakai masker akan kita kenakan denda Rp 100.000.

“Ini sekaligus memberikan edukasi, sosialisasi kepada masyarakat bahwa pakai masker, jaga jarak itu wajib. Tidak bisa ditawar. Inovasi inovasi yang lainnya mengikuti,” tegas Wawali Kota Tegal.

Untuk sanksi denda, menurut Jumadi dapat dibayar di tempat atau melalui Bank Jateng rekening Pemerintah Kota Tegal.

“Kalau sanksi sosial mau ya nyapu kalau tidak ya kita denda kalau masih ngeyel ya kita kenakan sanksi dua duanya,”pungkas Jumadi.

Semetara itu Kapolres Tegal Kota AKBP Rita Wulandari mengatakan yang dikedepankan fungsi Satpol PP yang pumya kewenangan itu. Kepolisian hanya mengback up.

“Kita juga akan aktif ikut dalam tim monitoring untuk mengontrol.Setiap hari kita akan ada jadwalnya,” ujar Rita sapaan akrab Kapolres.

Menurut Rita, untuk mekanisme penanganan akan dilakukan secara bersama sama. Pihaknya akan menurunkan personel dari empat Polsek.

“Kita turunkan 10 personel dari tiap tiap Polsek bergabung bersama Kodim, Lanal dan Satpol PP dan secara rutin melakukan razia di wilayah Polsek masing masing,”jelasnya.

Dan inget, tandasnya, sanksi ini tidak hanya diberikan kepada perorangan tapi juga corporate. (Vita)

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!