Mulai 9 Maret, Bikin SIM Di Polres Tegal Kota Ada Test Psikologi

Vimanews-TEGAL-Mulai Senin 9 Maret 2020, Satuan Lalu Lintas Polres Tegal Kota akan memberlakukan tes psikologi bagi masyarakat yang akan membuat surat izin mengemudi (SIM).

Aturan tersebut merujuk UU No 22 Tahun 2009 tentang LLAJ Pasal 4 huruf b Untuk mendapatkan SIM, pemohon SIM harus memenuhi Syarat Kesehatan yaitu sehat Jasmani dan sehat Rohani (dengan dilampirkan surat keterangan lulus tes psikologi).

Perkap Nomor 9 tahun 2012 tentang SIM Surat Telegram Kapolda Jateng nomor: ST/21/Yan.1.1./2020 tanggal 22 Januari 2020 tentang pemberlakuan persyaratan lulus tes psikologi bagi pemohon SIM seluruh Golongan.

Kepala Satlantas Polres Tegal Kota AKP Bakti Kausar Ali saat dihubungi melalui pesan singkat, Minggu (8/3/2020) malam menjelaskan, ketentuan tersebut diberlakukan secara serentak di wilayah Polda Jateng.

“Permohonan SIM wajib menyertakan syarat kesehatan rohani dengan mengikuti tes psikologi,” jelas Kasat Lantas.

Untuk itu, pihaknya bekerjasama dengan sebuah lembaga Psikotest dan test dilakukan di luar Polres yakni di LPK Ghoosty Jl Panggung Timur depan Radio Sanantha.

“Materinya ada enam komponen kesehatan rohani seperti penyesuaian diri, stabilitas emosi, konsentrasi, kecermatan, penyesuaian diri dan ketahanan kerja sesuai dengan ketentuan pada Peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2012 tentang SIM pasal 36,” terangnya.

Menurutnya pelayanan tes psikologi untuk memenuhi syarat pembuatan atau perpanjangan SIM akan dikenai biaya sebesar Rp 50 ribu untuk SIM C dan Rp 75 ribu untuk SIM A.

“Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan terutama kesehatan rohani yaitu sebagai salah satu upaya Polri dalam menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas dan fatalitas korban di jalan raya,” tutupnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!