Mau Nikah, Enam Polisi Dites Baca Al Qur’an

Vimanews-TEGAL-Ada cara sendiri yang dilakukan Waka Polres Tegal Kota Kompol Joko Wicaksono untuk mengingatkan kepada anggotanya yang muslim dan akan melaksanakan pernikahan, tentang peran laki-laki sebagai imam dalam keluarga.

Yakni dengan menguji membaca Al Quran atau mengaji. Karena kelak seorang laki-laki itu harus menjadi imam, untuk itu saya menguji mengaji kepada para anggota yang akan melangsungkan pernikahan.

Seperti yang dilakukan kepada enam pasangan calon suami istri anggota Polres Tegal Kota, Kamis (9/7/2020) saat Sidang BP4R di Aula Devia Cita Mapolres Tegal Kota.

Keenam pasang tersebut Aiptu Heru Sulistiyono dengan Ani Sutarni, Bripda Yoga Adi Pratama dengan Briptu Maosita Yolari Haryono, Bripda Feri martiyanto dengan Catur cahyning septian, Bripda Moh.Budi Santoso dengan Oky Nurhayati, Bripda Adika nur Afianto dengan fenthi widi kinasih, Bripda Muarif Harta Triono,S dengan Ratna ayu safitri.

Sebagai persyaratan wajib yang harus dijalani setiap anggota yang akan melaksanakan pernikahan di lingkungan Polri, keenam pasangan tersebut mengikuti Sidang Badan Pembina Penasihat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4 R).

Di akhir kegiatan sebelum sidang BP4R ditutup, ada prosesi tambahan yang diberikan Waka Polres yakni uji mengaji kepada keenam pasangan untuk membaca Alquran.

“Uji mengaji ini khusus buat anggota yang beragama Islam. Alhamdulilah keenam pasangan bisa mengaji semua. Karena kelak seorang laki laki harus bisa menjadi imam, maka hari ini saya uji mengaji bagi mereka,” ungkap Waka Polres.

Seusai prosesi uji tersebut Jokowi sapaan akrab Waka Polres mendoakan semoga keenam pasangan itu menjadi keluarga yang harmonis dan diberi kelancaran sampai hari H pernikahan nanti.

”Semoga diberi kelancaran sampai di hari pernikahan nanti dan semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warohmah bahagia dunia akhirat,” ujar Kompol Joko Wicaksono.

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan bahwa sidang BP4R tersebut digelar dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota Polri dan pasangannya untuk melaksanakan pernikahan.

”Ini mengingat tugas dan tanggung jawab sebagai anggota Polri sangat berat, di samping itu Bhayangkari sebagai istri harus mendukung pelaksanakan tugas sehari-hari suami yang anggota Polri sebagai pelindung, pengayom, dan pelayan masyarakat,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!