Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri Gelar Pelatihan Power Point Interaktif Untuk Pembelajaran Daring di MI Mambaul Ulum

Saat ini Corona menjadi pembicaraan yang hangat di belahan bumi manapun, corona masih mendominasi ruang publik. Dalam waktu singkat saja, namanya menjadi trending topik, dibicarakan di sana-sini, dan diberitakan secara masif di media cetak maupun elektronik. Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia.

Sejak kasus Covid-19 pertama kali ditemukan di Indonesia hanya dalam selang waktu 2 minggu pemerintah menetapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus corona kemudian diikuti dengan diliburkannya sekolah dibeberapa wilayah provinsi.

Salah satunya di Wilayah Kabupaten Tegal menjadikan seluruh siswa tingkat SD/MI hingga SMA/SMK/MA di Kabupaten Tegal mengharuskan untuk dilakukannya pembelajaran dengan model Daring (Dalam Jaringan). Model Pembalajaran ini merupakan model pembelajaran yang jarang sekali dilakukan atau bahkan belum pernah sama sekali dilakukan oleh sekolah. Oleh karena itu guru atau tenaga pendidik perlu beradaptasi dalam melakukan pembalajaran model baru ini.

Terdapat beberapa permasalahan dalam pembelajaran daring ini salah satunya yaitu metode yang digunakan guru atau tenaga pendidik dalam melakukan penyampaian materi pembelajaran, yang biasanya guru menyampaian materi dikelas sekarang harus menyampaikan materi melalui jarak jauh. Dalam membantu menyelesaikan permasalahan tersebut STMIK Nusa Mandiri melaksanakan Program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di salah satu Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Tegal yaitu MI Mambaul Ulum Ujungrusi dengan mengusung tema “Pelatihan Powerpoint Interaktif Untuk Pembelajaran Daring” pada hari Rabu 18 November 2020.

Penjelasan Powerpoint Interaktif oleh Syahrul Mubarok (Mahasiswa)

Dalam pelatihan ini guru akan dilatih cara membuat powerpoint untuk pembelajaran yang lebih interaktif serta dapat membuat senang siswa dalam belajar malalui sistem daring ini. Ada beberapa poin penting dipalatihan ini yaitu pemanfaatan fitur recording di Microsoft Powerpoint yang memungkinkan guru dapat merekam suara pada saat menjelaskan materi serta pemanfaatan fitur animations, hyperlink dan menggunakan Template Powerpoint gratis yang ada di internet.

Diharapkan dengan diadakannya pelatihan ini, guru dapat mengoptimalkan pembelajaran melalui daring ini yang dibantu dengan penyajian materi dari aplikasi Microsoft Powerpoint.

“Saya mewakili Madrasah Ibtidaiyah Mambaul Ulum mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri yang telah melakukan KKN di Madrasah kami. Untuk materinya juga sangat bagus apalagi bagi kita guru sangat membutuhkan materi-materi seperti ini untuk meningkatkan efektifitas dalam proses pembelajaran Daring” ujar Bapak Anom Pratikno selaku Kepala MI Mambaul Ulum.

Pelatihan ini juga diharapkan bisa berlangsung secara rutin agar para guru atau tenaga pendidik juga mendapatkan insight atau ilmu yang bisa dimanfaatkan saat berlangsungnya pembelajaran daring ini. (red)

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!