Komunitas Panser Mania Lestarikan Lingkungan Hidup

Vimanews-TEGAL-Peringati Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan RI 2018, Komunitas Paser Mania Tegal melakukan penanaman pohon, penyebaran benih ikan dan bersih-bersih sungai.

“Selain untuk menyemarakan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-73 Kemerdekaan RI tahun 2018 juga sebagai wujud syukur atas karunia Allah berupa ikan yang melimpah di wilayah Tegal dan sekitarnya,” ungkap Ketua Paser Mania Tegal, Gunawan Hamengku Jati, Minggu (26/8/18).

Kegiatan, kata Gunawan, melibatkan warga sekitar, yang berada di tiga lokasi yaitu sungai Kaligung , Desa Pekiringan Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal di bawah Tol Adiwerna, Bendungan Pintu Seng Desa Sidapurna Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal dan sungai Brawa Desa Kalipucang Kecamatan Jatibarang dan dibawah tol Kaligangsa.

Menurut Gunawan, selain kegiatan tersebut diatas pelaksanaan acara ini antara lain juga untuk lebih mempererat ikatan persaudaraan anggota Paser Mania Tegal karena biasanya hanya bertemu beberapa orang disungai.” Dengan acara seperti ini diharapkan semua anggota bisa berkumpul bersama dan lebih akrab lagi,” harapnya.

Acara yang didahului dengan apel bersama ini juga mengundang komunitas mancing dan paser dari wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang . “Karena kami ingin merangkul teman-teman dari komunitas mancing untuk bersama sama melestarikan sungai sehingga ikan yang melimpah ini akan terus bisa dinikmati oleh anak cucu kita, “tutur Gunawan.

Kesempatan ini juga dimaksudkan untuk membuka lebar-lebar keran komunikasi antara komunitas paser dan komunitas mancing, sehingga apabila terdapat hal-hal yang memicu timbulnya pereselsihan bisa segera diselesaikan degan kekeluargaan.

“Semoga kedepan tidak ada lagi gesekan-gesekan antara pemaser dan pemancing. Kami sudah tekankan kepada seluruh anggota Paser Mania Tegal agar selalu menghormati komunitas mancing dan tidak melakukan aktifitas maser di wilayah yang biasa ditempati untuk memancing sehingga keberadaan pemaser jangan sampai menimbulkan kerugian bagai pemancing, “imbuhnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan hidup khususnya kelestarian sungai dan habitatnya, Gunawan menekankan kepada seluruh anggota Paser Mania Tegal agar pada saat maser disungai supaya tidak meninggalkan sampah berserakan di pinggiran sungai.

“Sampah bungkus makanan atau yang lainnya harus di buang ke tempat sampah yang sudah disediakan atau ditentukan,”tegasnya.

Sementara itu Sampurno warga sekitar yang juga ikut dalam kegiatan tersebut, sangat mendukung kegiatan dan berharap kegiatan seperti yang dilakukan oleh komunitas Paser Mania Tegal dapat berjalan rutin setiap tahunnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!