Komisi III DPRD Kaget, Pemkot Tegal Telah Serahkan Hibah Tanah Ke KKP

Vimanews-TEGAL-Telah diserahkannya Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima Hibah (BASTH) tanah seluas 10,1 HA dari Pemkot Tegal kepada Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) membuat kaget Anggota DPRD Kota Tegal.

“Kami sama sekali tidak tau terkait penyerahan NPHD dan BASTH tanah seluas 10, 1 HA oleh Pemkot Tegal kepada Kementerian Kelautan Perikanan,” ujar Edy Suripno, Ketua Komisi III DPRD Kota Tegal, Kamis (18/6/2020) siang di Gedung DPRD Kota Tegal.

Menurut uyip sapaan akrab Edy Suripno, Pemerintah Kota Tegal telah mengabaikan sistem dan mekanisme di dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

“Secara etika, ketika akan memberikan hibah tanah atau pengelolaan kepada Kementerian sekalipun, atau antar negara sekalipun, seyogyanya DPRD dilibatkan,” kata Uyip.

Sehingga, sambungnya, DPRD bisa memberikan masukan, bagaimana prosesnya, bagaimana prosedurnya dapat diketahui bersama.

Prinsip prinsip dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan benar, bisa diterapkan.

Disana ada prinsip akuntabilitas atau prinsip pertanggung jawaban kepada publik, transparasi publik. Keterbukaan di dalam proses maupun di dalam penerapannya.

“Nah untuk itu kedepan, DPRD Kota Tegal akan menindaklanjuti, terutama Komisi III yang bidangnya membawahi pertanahan. Kita akan mencoba mengkoordinasikan dengan Pemerintah Kota sebetulnya seperti apa,” ungkap Uyip.

Karena hari ini, lanjut Uyip, sesuai dengan RPJMD lima tahun yang akan datang bahwa kita sepakat ada tanah tanah yang memang sudah dikuasai oleh warga, yang sudah lebih hampir 30-40 tahun, ini juga minta untuk diperhatikan.

“Kami akan mengundang pemerintah Kota untuk mengkoordinasikan hal tersebut,”pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!