Kini OJK Tegal Buka Gerai SLIK Via WhatsApp

Vimanews-TEGAL-Dalam rangka mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di kota Tegal, Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tegal akan membuka layanan gerai Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) secara Online mulai 1 Juli 2020.

Hal tersebut disampaikan Kepala OJK Tegal Ludy Arlianto, dalam bincang santai dengan sejumlah awak media, Rabu (8/7/2020) sore.

Ludy mengungkapkan masyarakat yang membutuhkan layanan permintaan informasi debitur iDeb SLIK, tidak perlu datang ke kantor OJK, cukup dengan WhatsApp ke nomor layanan konsumen OJK Tegal.

“Untuk dapat memperoleh iDeb SLIK atau dahulu dikenal dengan nama BI Checking, masyarakat dapat melakukan permintaan melalui WhatsApp ke nomer layanan konsumen OJK Tegal dengan nomor 0813-5353-9255 gratis tanpa dipungut biaya,”terang Ludy.

Kemudian, sambung Ludy, jika masyarakat telah setuju dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dan telah mengisi formulir secara online, akan dilakukan proses verifikasi oleh petugas layanan SLIK kantor OJK Tegal.

Pada saat proses verifikasi kebenaran dokumen pemohon, petugas akan meminta pemohon untuk menyampaikan swafoto (foto selfie) dengan menunjukkan kartu identitas dan/atau melakukan panggilan video call dengan pemohon.

“Hasil informasi debitur SLIK yang telah diproses akan disampaikan petugas ke nomor WhatsApp pemohon yang tercantum pada formulir permohonan,” jelas Ludy.

Secara keseluruhan, kata Ludy, proses layanan SLIK kantor OJK Tegal hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

“Selain itu, apabila dibutuhkan, masyarakat juga dapat berkonsultasi dan meminta penjelasan terkait hasil informasi debitur SLIK tersebut kepada petugas,” bebernya.

Lebih lanjut Ludy mengatakan upaya menjaga kerahasiaan data pribadi pemohon, selain dilakukan pada saat verifikasi, juga dilakukan pada proses pengiriman hasil informasi debitur SLIK.

“Saat verifikasi, petugas layanan slik akan memastikan pemohon telah sesuai dengan foto pada kartu identitas yang dibawa, melalui penggilan video call,”ujar Ludy.

Sedangkan dalam hal pengiriman hasil informasi debitur SLIK, petugas akan mengirimkan dalam bentuk dokumen lunak (softcopy) berjenis file PDF yang telah dilengkapi dengan kata sandi (password).

“Dengan adanya WA SLIK, kami berharap dapat membantu masyarakat untuk memperoleh informasi riwayat kredit atau pembiayaannya,”katanya.

Layanan ini, sambung Ludy, tentunya dapat mempercepat waktu yang dibutuhkan masyarakat dalam memproses pengajuan pinjaman ke bank atau perusahaan pembiayaan.

Serta lembaga keuangan non-bank lain yang mempunyai akses data debitur dan kewajiban melaporkan data debitur ke Sistem Informasi Debitur.

Menurut Ludy, layanan gerai SLIK online kantor OJK Tegal dapat di akses di hari kerja mulai pukul 9.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB dan hanya melayani permintaan untuk perorangan dan badan usaha.

“Untuk permohonan slik melalui surat kuasa, belum dapat diakomodir mengingat pemohon dapat secara langsung atau mandiri menyampaikan permohonan kepada Kantor OJK Tegal,”terangnya.

Keberadaan SLIK, imbuh Ludy, dapat dimanfaatkan untuk mengetahui data kredit perbankan seperti data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman.

“SLIK juga bisa memberikan informasi mengenai status agunan serta rincian penjamin kredit,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!