Kapal Pengawas PSDKP Macan 03 Bantu Selamatkan Kapal Perikanan

Vimanews-TEGAL-Nahas, sebuah Kapal dengan nama KM Subuh Nusantara yang akan mencari ikan di perairan Ambon, terombang ambing hingga perairan Makassar.

Mendengar informasi tersebut, Ketua Himpunan Nelayan Indonesia (HNSI) Kota Tegal Riswanto pun turut membantu, meski bukan di perairan Tegal dan bukan Kapal Tegal,

“Kapal tersebut berasal dari batang yang berangkat sejak senin (20/7/2020) hendak mencari ikan di perairan Ambon. Namun ditengah perjalanan as baling baling kapal patah,” jelas Riswanto, Rabu (29/7/2020) siang di Kantor HNSI Kota Tegal.

Usai menerima kabar adanya kapal yang mengalami kerusakan dan terbawa arus, ia kemudian melaporkan dan meminta pertolongan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI melalui Direktur Pemantauan dan Operasi Armada (POA), Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (DPSDKP), Pung Nugroho Saksosno.

Laporan ditanggapi DPSDKP yang dengan cepat memerintahkan Kapal Pengawas PSDKP Macan 03 hingga berhasil mengevakuasi KM Subuh Nusantara beserta ABK dengan selamat.

“Alhamdulillah, Minggu (26/7/2020) saya laporan. KKP langsung terjunkan Kapal Pengawas PSDKP Macan 03 untuk mengevakuasi. Selasa (28/7/2020) kemarin sudah ditarik ke pelabuhan terdekat. ABK semuanya selamat, “kata Riswanto.

Lebih lanjut Riswanto mengatakan, bantuan ini sebagai rasa saling peduli antar nelayan. Karena kebetulan kami ada akses ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Atas nama organisasi dan nelayan, Riswanto mengucapkan terimakasih kepada KKP dalam hal ini, Direktur Pemantauan dan Operasi Armada (POA), Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (DPSDKP), Pung Nugroho Saksosno.

“Terimakasih kepada Direktur Pemantauan dan Operasi Armada (POA), Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (DPSDKP), Pung Nugroho Saksosno yang begitu cepat menanggapi laporan saya hingga kapal dan ABK KM Subuh Nusantara selamat,” tandasnya.




You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!