Jumadi Kota Tegal Harus Mencontoh PemProv Jateng Jadi Kota Paling Berintegritas

Vimanews-TEGAL-Hasil survei KPK pada tahun 2018 dari 26 lembaga negara, kementerian dan pemerintahan.Pemerintah Provinsi Jawa Tengah merupakan Provinsi paling berintegritas.

Indeks tertinggi dimiliki oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan nilai 78,26 mengalahkan Provinsi Jawa Timur 74,96 dan Provinsi Sumatera Barat yang memproleh nilai 74,63 serta yang lain.

Hal ini terungkap ketika Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan sambutan Gelar Pengawasan Daerah provinsi Jawa Tengah “Penguatan Peran APIP Dalam Meningkatkan Kinerja Dan Akuntabilitas Keuangan Daerah” Rabu, (9/10/19) di ruang pertemuan Hotel Best Western Premier Solo Baru.

“Saya bangga kita paling berintegritas, itu capaian yang luar biasa ketika KPK menyatakan itu. Saya sampaikan terimakasih kepada semua yang telah mewujudkan provinsi Jawa Tengah menjadi yang paling integritas, ini semua adalah untuk perbaikan Jawa Tengah, untuk perbaikan Indonesia,” Kata Ganjar Pranowo.

Ganjar berpesan agar apa yang sudah tercapai bisa dipertahankan dan dan ditingkatkan untuk tahun tahun mendatang.

Sementara itu disampaikan oleh Inspektur provinsi Jawa Tengah, Hendry Santosa bahwa maksud dan tujuan kegiatan tersebut diatas adalah bagaimana tercapainya kesamaan pemahaman dan komitmen seluruh peserta mengenai upaya upaya mencapai tujuan dan sasaran pemerintah yang bebas dari korupsi.

Termasuk tersosialisasi nya kebijakan kebijakan pengawasan di wilayah provinsi Jawa Tengah untuk pelaksanaan tata kelola pemerintah daerah yang baik.

Juga menyampaikan informasi hasil pengawasan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) di provinsi Jawa Tengah serta untuk akselerasi penyelesaian tindak lanjut atas temuan APIP.

“Kegiatan ini hadir sebagai peserta, Bupati Walikota se Jawa Tengah,  seluruh pimpinan SKPD provinsi Jawa Tengah yang berjumlah 49 orang, dan 105 orang Inspektur, Sekretaris dan kasubag Evalap kabupaten kota,” terang Hendry

Senada dengan yang disampaikan oleh Gubernur dan Inspektur Provinsi Jawa Tengah,  Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, juga mengatakan bagaimana Pemerintah Kota Tegal meningkatkan kinerja di bidang pengawasan dan di bidang anti korupsi.

Untuk itu diperlukan langkah langkah yang tepat yaitu Kota Tegal harus mempertahankan WTP, melakukan percepatan dalam hal rekomendasi inspektorat provinsi dan semua permasalahan di inspektorat Kota Tegal harus diselesaikan dengan cepat

“Kita harus mendukung program Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan kita harus mencontohnya dengan harapan nantinya kota Tegal kedepan menjadi salah satu kota yang terbaik di bidang pencegahan korupsi, sekaligus zona integritas maupun menjaga integritas diseluruh ASN,” ujar Jumadi.

Jumadi juga menambahkan bahwa di era kepemimpinan Walikota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono,  Wakil Walikota Tegal Muhammad Jumadi, dan seluruh ASN tetep mboten korupsi dan mboten ngapusi.


You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply