Disdukpencapil Kota Tegal Motivasi Masyarakat Tertib Adminduk Lewat Lomba Gisa

Vimanews-TEGAL-Membangkitkan kesadaran masyarakat untuk mengurus dan memutahirkan dokumen adminduk saat ini butuh berbagai cara, dan salah satunya dengan mengadakan lomba RT pelopor Gisa.

Hal tersebut disampaikan Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono saat membuka Babak Final Lomba RT Pelopor Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) Kota Tegal tahun 2019, Selasa (15/10/19) di Pendopo Ki Gede Sebayu, Komplek Balai Kota Tegal.

“Dengan kegiatan ini, harapannya masyarakat akan termotivasi dan semakin sadar pentingnya data kependudukan dan pemutakhiran serta pelayanan adminduk yang tentunya bisa berdampak positif bagi masyarakat,” ujar Walikota.

Walikota mengaku yakin para ketua RT di Kota Tegal mempunyai kreativitas dan inovasi untuk mengajak warganya tertib dalam kepemilikan adminduk.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) kota Tegal, Basuki menyampaikan bahwa giat ini dimaksudkan mewujudkan masyarakat kota Tegal yang peduli akan pentingnya pengurusan dan pemutahitan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil .

Menurut Basuki, Disdukpencapil kota Tegal memberikan pelayanan yang lebih optimal sekaligus mengedukasi masyarakat terakait pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan.

Sedangkan mengenai lomba RT Pelopor Gisa, Basuki menyampaikan materi yang dilombakan adalah, lomba tertib administrasi kependudukan, kepemilikan KTP elektronik atau surat keterangan bagi wajib KTP Elektronik.

Termasuk Kepemilikan Akte kelahiran semua warga, kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak usia 0 s.d 15 tahun, kondisi KK terbaru, pemilikan akta kematian. Kepemilikan surat keterangan penduduk non permanent , bagi warga yang berdomisili diwilayah RT

Untuk jadwal pelaksanaan lomba minggu ke-3, RT memilih anggota peserta yang mengikuti lomba, minggu ke-4 Lurah menyeleksi dan memilih yang terbaik dan menunjuk dua RT terbaik untuk maju ke tingkat kecamatan.

Kemudian minggu ke-5 Camat menyeleksi dan memilih yang terbaik dan menunjuk tiga RT yang menjadi duta wakil kecamatan untuk seleksi di Disdukpencapil kota Tegal.

“Jumlah awal peserta lomba 1.154 peserta dari Rt se-Kota Tegal, dan setelah melalui seleksi secara berjenjang, ada 12 RT, peserta terbaik akan mengikuti penjurian akhir dibabak final untuk memperebutkan nominator 6 terbaik,” terang Basuki.

Dalam lomba ini, lanjut Basuki, Disdukpencapil menyediakan hadiah total uang pembinaan bagi 6 pemenang terbaik sejumlah Rp. 15.650.000,-.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!