Dedy Yon : Narapidana Harus Jadi Pribadi Yang Lebih Baik

Vimanews-TEGAL – Ratusan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Tegal diminta untuk tidak terbelenggu dengan masa tahanan. Namun, mereka diharap mampu menata diri selama berada di dalam sel. Demikian disampaikan Wali Kota Tegal, H Dedy Yon Supriyono saat melakukan buka puasa bersama di Lapas Kelas II B Kota Tegal, Rabu (15/5/19).

“Jangan dijadikan beban selama ada di sini. Anggap saja masa tahanan yang dijalani ini sebagai bentuk penebusan kesalahan. Kalian harus menjadi pribadi yang lebih baik setelah keluar nanti,” ungkap Dedy Yon membuka sambutan.

Momen ramadan, kata Dedy, merupakan saat yang tepat untuk umat muslim memperbaiki ibadah. Kepada narapidana muslim, Dedy meminta agar mereka senantiasa mendekatkan dan berserah diri kepada Tuhan.

Menurutnya, buka puasa bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan napi di Lapas merupakan bentuk kepedulian kepada sesama. Sebab, pada dasarnya para napi tersebut memiliki derajat yang sama. Hanya saja, saat ini mereka tengah tertimpa musibah.

“Ada di tahanan ini juga harus disyukuri. Karena Sang Pencipta masih memberikan kesempatan untuk bertaubat. Bayangkan saja, jika pada saat berbuat jahat kita kehilangan nyawa,” bebernya.

Ditambahkan Dedy, nantinya kegiatan pemerintah akan kembali digelar di Lapas. Termasuk ulang tahun dirinya, Dedy berjanji akan memberi hiburan kepada para narapidana.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II B Tegal, Sambiyono menyebut, selama ramadan warga binaannya yang berjumlah 286 orang, hampir separuhnya mengikuti kegiatan khusus. Seperti tadarus pagi sejak pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB, serta pesantren kilat.

“Berkenaan dengan ramadan dan Idul Fitri, kami mengusulkan seluruh napi untuk bisa menerima remisi. Sebab, selama menjalani masa tahanan mereka tidak memiliki catatan khusus,” tutupnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply