D3 Kebidanan PHB Berikan Pengetahuan Life Style Menunjang Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak

Vimanews-TEGAL-Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Prodi D3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama Tegal mengadakan pengabdian kepada masyarakat.

Pengabdian kepada masyarakat diberikan dengan memanfaatkan teknologi untuk memberikan pengetahuan kepada ibu mengenai Life Style yang dapat menunjang pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Peningkatan pengetahuan Ibu Tentang Life Style Yang Menunjang Pertumbuhan dan Perkembangan Balita di Tengah Covid-19 melalui MOMONLINE CLASS”.

Dosen Kebidanan Politeknik Harapan Bersama Adevia Maulidya Chikmah menjelaskan MOMONLINE CLASS adalah kelas online melalui WA Group yang berisikan materi mengenai GOOD LIFE STYLE (Gaya Hidup Yang Baik) di Masa Pandemi Covid-19 untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak.

“Pada kelas online diberikan beberapa materi dan juga diskusi mengenai tumbuh kembang anak,” terang Adevia, Jumat (26/6/2020).

Adevia mengatakan, mempunyai anak yang tumbuh sehat dan berkembang dengan baik merupakan keinginan semua orang tua atau calon orang tua.

“Oleh karena itulah setiap orang tua wajib memperhatikan tumbuh kembang sejak dalam kandungan hingga dewasa,” ujarnya.

Saat inilah, kata Adevia, dikenal satu fase yang sangat penting yaitu Fase Emas atau dikenal dengan istilah Golden Age.

Menurut Adevia, dari Penelitian yang dilakukannya bersama Nisa (2019) dikatakan bahwa Life Style (penggunaan gadget dan konsumsi makanan mengandung MSG) mempengaruhi resiko terjadinya Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas pada anak usia Prasekolah.

“Begitu banyak pendapat yang berbeda mengenai pola makan, gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas (GPPH),”jelas Adevia Maulidya Chikmah.

Sebagian ahli, imbuhnya, mengatakan kebiasaan memakan makanan yang mengandung zat aditif dapat berpengaruh pada anak GPPH, tetapi yang lainnya menyatakan tidak berpengaruh.

“Beberapa ahli, juga menyatakan, perubahan penataan pola makan dapat menjadi salah satu bentuk terapi penanganan GPPH (Bhandari, S, 2014),”terangnya.

Life style berikutnya adalah penggunaan gadget, karena penggunaan gadget ini sangat mudah dan harga pasaran yang sangat murah.

Karenanya, banyak orang tua yang memberikan gadgetnya untuk anaknya. Sehingga anak-anak yang berusia 2-4 tahun sudah pernah menggunakan gadget.

Dimana, sambungnya, anak masih banyak memiliki perasaan ingin tahu yang tinggi tentang gadget.

Penggunaan gadget pada anak menurut pandangan orang tua dalam sehari dapat mencapai 4- 12 jam.

“Hal ini tentu memerlukan perhatian lebih dari orang tua supaya tidak mengganggu perkembangan anak,” bebernya.

MOMONLINE CLASS diketuai oleh Dosen Kebidanan Politeknik Harapan Bersama yaitu Adevia Maulidya Chikmah,dengan dianggotai oleh Istiqomah Dwi Andari dan Juhrotun Nisa, bekerjasama dengan Bidan Rugayah, owner dari Griya Hamil Sehat Mejasem.

Untuk perserta, MOMONLINE CLASS, menurut Adevia, berasal dari pasien yang mempunyai anak balita yang berkunjung di GHS.

“Kami juga memberikan masker dan empon-empon kepada pasien di GHS,” tutupnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!