Bekerjasama Dengan Wantanas, IKASMA Gelar Dialog Interaktif Bela Negara

Vimanews-TEGaL-Dalam rangkaian Bakti Sosial Ikatan Alumni SMA Negeri 1 (IKASMA) Tegal mengadakan dialog interaktif Bela Negara yang digelar di aula SMA Negeri 1 Tegal, Selasa (17/11/2020).

Dialog Interaktif dengan narasumber dari Tim Kajian Daerah Watannas, di pimpin oleh Bandep Urusan Sosial Budaya Setjen Watannas Brigjen TNI Heru Triyanto.

Dalam sambutannya Brigjen TNI Heru Triyanto antara lain menyampaikan bahwa Wantannas bertugas membantu Presiden dalam menyelenggarakan gerakan pembinaan gerakan ketahanan nasional guna menjamin pencapaian tujuan dan kepentingan nasional Indonesia.

Sedangkan Sekretariat Jendral Watannas merupakan supporting unit untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Wantannas, dengan membantu memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan untuk merumuskan rancangan kebijakan dan strategi nasional.

Berdasarkan tugas tersebut, Ia bersama rombongan melaksanakan kegiatan kajian daerah secara periodik ke daerah-daerah, dan salah satu daerah yang dipilih pada periode ini adalah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes.

“Merujuk pada tugas dan fungsi Setjen Wantannas, maka salah satu program kerja kami adalah melaksanakan kegiatan kajian daerah secara periodik, dan salah satu dan salah satu daerah yang dipilih pada periode ini adalah Kabupaten Tegal, Kota Tegal dan Kabupaten Brebes,” tutur Heru Triyanto.

Usai kegiatan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Kota Tegal Rosa Herawati mengatakan menyambut baik kegiatan yang digelar Ikatan Alumni SMA Negeri 1 Tegal tersebut.

“Hal tersebut sangat bagus karena membangkitkan semangat bela negara tidak hanya untuk anak anak Siswa SMA Negeri 1 Tegal namun juga masyarakat umum yang juga mengikuti kegiatan ini,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Tegal Rosa Herawati.

Dengan aksi bela negara yang diikuti semua unsur masyarakat ini. Semua diharapkan akan turut membantu membela negara. Karena membela negara tidak harus memegang senjata.

“Dengan kegiatan ini, masyarakat tahu cara untuk membela negara. Karena tidak harus memegang senjata,” kata Rosa.

Sementara itu, Ketua Panitia Krisna Wardana menyampaikan kegiatan Baksos ini bekerjasama dengan SMA Negeri 1 Tegal dan Dewan Ketahanan Nasional Jakarta.

Ini merupakan rangkaian kegiatan Bakti Sosial yang akan kita gelar sampai bulan Desember.

Pada bakti sosial bela negara ini, kami menggelar dialog interaktif dengan peserta bukan hanya dari perwakilan siswa siswi SMA Negeri 1 Tegal, namun juga dari pedagang, nelayan dan sebagainya.

“Kami juga menerapkan protokol kesehatan dan melakukan rapid test kepada peserta sebelum kegiatan. Tadi ada yang reaktif dan kita teruskan ke Dinas Kesehatan,”ujarnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!