AKBP Siti Rondhijah Minta Anggota Laksanakan Instruksi Kapolri, Hidup Sederhana Tidak Hedonis

Vimanews-TEGAL-Kapolri Jenderal Idham Aziz mengeluarkan surat edaran yang berisi Instruksi kepada anggota Polri untuk hidup sederhana di tengah masyarakat, tidak mengumbar gaya hidup mewah alias berperilaku hedonis.

Isi surat edaran tersebut yakni:

1. Tidak menunjukkan, memakai, memamerkan barang-barang mewah dalam kehidupan sehari-hari baik dalam interaksi sosial di kedinasan maupun di area publik.

2. Senantiasa menjaga diri, menempatkan diri pola hidup sederhana di lingkungan institusi Polri maupun kehidupan bermasyarakat.

3. Tidak mengunggah foto atau video pada medsos yang menunjukkan gaya hidup yang hedonis karena dapat menimbulkan kecemburuan sosial.

4. Menyesuaikan norma hukum, kepatutan, kepantasan, dengan kondisi lingkungan tempat tinggal.

5. Menggunakan atribut Polri yang sesuai dengan pembagian untuk penyamarataan.

6. Pimpinan kasatwil, perwira dapat memberikan contoh perilaku dan sikap yang baik, tidak memperlihatkan gaya hidup yang hedonis terutama Bhayangkari dan keluarga besar Polri.

7. Dikenakan sanksi yang tegas bagi anggota Polri yang melanggar.

Menanggapi hal tersebut Kapolres Tegal Kota AKBP Siti Rondhijah mengatakan, imbauan untuk menampilkan gaya hidup sederhana menjadi prioritas yang ditekankan oleh Kapolri Jenderal Idham Azis.

“Beliau meminta anggota Polri optimal dalam melayani masyarakat. Itu tercermin dari enam poin imbauan tersebut. Bisa jadi, beliau melihat masih ada yang seperti itu,” kata Rondhi sapaan akrab Kapolres Tegal Kota, Selasa (19/11/19).

Selain untuk mencegah timbulnya cemburu sosial, kata Rondhi, imbauan tersebut juga untuk mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Apalagi dekatnya tugas Polri di lingkungan, membuat masyarakat sangat mudah menilai.

“Bila anggota Polri hidup dengan glamor, maka masyarakat akan merasa heran. Padahal, gaji anggota Polri tidak seberapa,” ujarnya.

Menurutnya, meski orangtuanya kaya raya, anggota Polri pun tetap harus tampil sederhana.

“Jadi akan kami sampaikan kepada anggota untuk bisa menyesuaikan. Sehingga bisa hidup sederhana, tidak hedonis, dan tidak menyebabkan kecemburuan sosial,” jelasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply