54 SD Ikuti Lomba Toilet Cantik

Vimanews-TEGAL- Sedikitnya 54 Sekolah Dasar dan Madrasah Iptidiayah (SD/MI) se Kecamatan Tegal Timur mengikuti Lomba Toilet Cantik dan Kolam Resik yang diadakan Pesona Hotel Tegal.

Lomba yang diadakan dalam rangka HUT Pesona Hotel ke 2 tersebut resmi dibuka oleh Wali Kota Tegal Drs. HM Nursholeh, M.MPd di Hotel Pesona Kota Tegal. Selasa (23/10/18).

Eksekutif House Keeper Pesona Hotel Tegal, Abu Salim, selaku Ketua Penyelanggara Kegiatan mengungkapkan bahwa lomba Toilet Cantik dan Kolam Resik merupakan Puncak dari rangkaian HUT Hotel Pesona yang ke 2.

“Sebelumnya, Pesona Hotel juga telah melakukan berbagai kegiatan seperti Bersih Pantai, Bersih Kota serta Mendatangi Panti Jompo serta puncaknya Lomba Kebersihan Toilet dan Kolam Resik,”ujarnya.

Dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kesehatan Kota Tegal, Abu Salim mengatakan bahwa lomba diadakan pihaknya bertujuan menanamkan sikap kepada para siswa untuk tanggap pada kebersihan sejak dini agar memiliki sikap gemar bersih-bersih baik di lingkungan sekolah maupun di rumah.

“Sebanyak 54 Sekolah Dasar baik negeri maupun swasta di Kecamatan Tegal Timur lomba dinilai langsung oleh Pesona Hotel beserta Dinas Kesehatan Kota Tegal dan Dinas Pendidikan Kota Tegal,”jelas Abu Salim

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati Indraswari mengatakan kriteria penilaian yang di lombakan yaitu harus adanya ventilasi, pencahayaan, penampungan, tidak adanya jentik nymauk, air yang tidak bau, dan adanya saluran sepiteng yang baik.

Walikota Tegal Drs HM.Nursholeh, M.MPd dalam sambutannya mengatakan Lomba Toilet Cantik dan Kolam Resik juga bisa menjadi salah satu evaluasi khusus untuk para kepala sekolah bahwa kebutuhan untuk kebersihan toilet menjadi sesuatu yang penting untuk dipenuhi.

Toilet, lanjut Nursholeh merupakan bagian dari kebersihan lingkungan yang tentunya berdampak menjauhkan siswa dari berbagai penyakit.

“Karena itu walikota juga berharap agar lomba ini nantinya tidak hanya dilaksanakan di kecamatan Tegal Timur saja tetapi bisa diadakan di seluruh kecamatan Kota Tegal,”pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply