Perpustakaan SMPN 1 Tegal Ikuti Ajang KIPP Tingkat Jateng 2020

Vimanews-TEGAL-Setelah menjuarai lomba perpustakaan tingkat Kota Tegal dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP). Perpustakaan SMPN 1 Tegal tengah mengikuti lomba serupa dalam bidang pendidikan di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Kepala SMPN 1 Tegal Listiana Kusuma Wardhani mengatakan Perpustakaan SMPN 1 Tegal yang diberinama Eka Pustaka, memiliki inovasi yang disingkat “Kerling Matamu”, kepanjangan dari Kerja Layanan Keliling Menggunakan Media Terintegrasi dengan Muatan Budaya.

“Kami sangat mendukung inovasi tersebut untuk maju dalam ajang KIPP Tingkat Jateng Tahun 2020,” kata Listiana, kepada sejumlah awak media, saat tengah berkoordinasi dengan Bunda Baca Roro Kusnabilla, Senin (14/9/2020) di Sekertariat PKK Balaikota Tegal.

KIPP tingkat Jateng, menurut rencananya akan berlangsung 20 September mendatang dengan sistem penilaian awal secara daring.  

“Inovasi ‘Kerling Matamu’ sudah memasukan penangganan atau pencegahan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan dan meningkatkan nilai perpustakaan,” terangnya.

Di dalam perpustakaan tersebut, pihaknya menekankan protokol kesehatan. Selain itu edukasi peningkatan imunitas siswa untuk mencegah bahaya COVID-19 juga sudah dilaksanakan.

“Sekolah akan merubah suasana ruang perpustakaan dan penambahan sarana menjadi ruangan pelangi agar lebih menarik,”jelasnya.

Istri Wali Kota Tegal yang juga Bunda Baca, Roro Kusnabella Dedy Yon menyampaikan dirinya sangat mendukung dan memberikan apresiasi.

“Karena sudah mengukir perestasi dan akan maju ke tingkat provinsi. Saya berharap inovasi tersebut menjadi unggulan di Jawa Tengah,” kata Roro.

Dalam kesempatan itu, Roro juga diketahui telah menerima penghargaan sebagai Bunda Baca dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang ditandatangani Kepala Perpusnas M. Syarif Bando.

Penghargaan yang secara simbis diserahkan oleh pegiat literasi Kota Tegal dari Perpusnas RI itu, menyebut Roro sebagai Bunda Baca dianggap telah berdedikasi dalam mengembangkan literasi di wilayah Kota Tegal.

 

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!