Sensus Penduduk, Kota Tegal Raih 3 Besar Tingkat Partisipasi Masyarakat Se-Jateng

Vimanews-TEGAL-Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tegal menggelar rapat evaluasi sensus penduduk 2020 dan pencanangan pembangunan zona integritas di Pendopo Ki Gede Sebayu, Senin (22/6/2020).

Dalam rapat tersebut terungkap sebanyak 39.792 kepala keluaraga (KK) telah mengupdate data kependudukan secara online.

Kepala BPS Kota Tegal, Agustinus Haryanto menjelaskan, jumlah tersebut membawa Kota Tegal meraih tiga besar tingkat partisipasi masyarakat se-Jawa Tengah.

Dari jumlah tersebut kata Agustinus, masih ada separuh penduduk Kota Tegal yang belum mengisi sensus penduduk.

Sedangkan yang sudah berpartisipasi dalam sensus penduduk online baru 142.105 jiwa.

“Kita masih punya PR, masih ada separuh penduduk Kota Tegal yang belum mengisi sensus penduduk online. September 2020 kami targetkan rampung,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan bagi kecamatan dan kelurahan yang memperoleh partisipasi tertinggi selama pelaksanaan sensus penduduk online.

Untuk tingkat kecamatan, sambungnya, partisipasi tertinggi diperoleh Kecamatan Tegal Timur, disusul Kecamatan Tegal Barat, Kecamatan Margadana dan yang terakhir Kecamatan Tegal Selatan.

“Untuk tingkat kelurahan, dari 27 kelurahan di Kota Tegal, tiga tertinggi di antaranya Kelurahan Pesurungan Kidul, Kelurahan Keturen dan Kelurahan Slerok,”terangnya.

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono mengharapkan, sebelum September 2020, BPS dapat merampungkan sisa penduduk yang belum mengisi sensus penduduk secara online.

“Saya berharap, 1 September 2020, kita harus sudah selesai. Dan saya harapkan Kota Tegal harus menjadi yang terdepan,” tandasnya.

Senada dengan Wali Kota, Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi mengatakan, agar Lurah, Camat untuk mulai bergerak melakukan pemetaan warga yang belum melakukan sensus penduduk.

“Setelah dipetakan, kemudian turun ke lapangan. Harapannya, 1 September 2020 kita sudah selesai. Kita harus bersinergi dan kolaborasi. Petakan dari masing-masing RT,”pungkas Jumadi.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!