BPBD Kota Tegal Gelar Apel Siaga Bencana

Vimanews-TEGAL-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tegal menggelar Apel Siaga Darurat Bencana Tahun 2019 di Halaman Pendopo Ki Gede Sebayu Kota Tegal. Rabu (11/12/19) pagi.

Wakil Walikota Tegal Muhamad Jumadi menyampaikan bahwa apel siaga darurat bencara tersebut sebagai bentuk kesiapan dalam upaya menanggulangi bencana di Kota Tegal

“Dalam menanggulangi bencana yang terjadi, kita tidak dapat bekerja sendiri. Meskipun tanggung jawab berada di Pemerintah. penanggulangan bencana merupakan urusan semua pihak, namun masyarakat merupakan garda terdepan jika terjadi bencana, sehingga kesiapsiagaan perlu ditingkatkan secara menyeluruh,’’ papar Jumadi.

Kepada seluruh peserta apel, Jumadi meminta, yang memiliki bekal pengetahuan bencana untuk secara terprogram maupun spontan mensosialiasikan kepada masyarakat sekitar tempat tinggal tentang apa yang harus dilakukan untuk mempersiapkan diri terhadap kemungkinan dalam menghadapi bencana.

‘’Saya berharap kepada relawan bencana Kota Tegal untuk meningkatkan perannya dalam penanggulangan bencana. Terima kasih atas pengorbanan para relawan yang tak kenal lelah dalam menanggulangi bencana di Kota Tegal.”ujar Jumadi

Sementara itu ditemui usai kegiatan,Plt Kalak BPBD Kota Tegal Andri Yudi Setiawan mengatakan, ada beberapa wilayah di Kota Tegal yang cukup tinggi risiko bencananya.

Menurut Yudi ada bebeberapa klasifikasi bencana di Kota Tegal. Pertama banjir luapan sungai yang kerap terjadi di Kecamatan Margadana.

Luapan Sungai Kemiri dan Sungai Kaligangsa akan berdampak pada Kelurahan Kaligangsa, Cabawan, dan Krandon. Kemudian bencana dari rob dialami oleh Kelurahan Mintaragen dan Muarareja.

Sedangkan banjir akibat luapan saluran irigasi terjadi di Kelurahan Mangkukusuman, Kraton, dan sebagian Kelurahan Panggung.

“Namun, kami bersyukur Dinas PUPR pada 2019 banyak melakukan pengerukan. Itu sangat positif dan semoga bisa berjalan efektif,” kata Yudi.

Pihaknya, lanjut Yudi, siap mengantisipasi terjadinya bencana banjir dan rob di Kota Tegal.

Meski Kota Tegal masuk kategori daerah rawan bencana sedang, namun beberapa daerah perlu diwaspadai.

“Ada pun peta area rawan terkena banjir dan rob itu adalah hasil analisis antara konsultan, BPBD, dan tim teknis,” tutupnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

error: Content is protected !!