Puluhan Industri Jasa Keuangan dan UMKM Ikuti Festival Keuangan OJK

Vimanews-TEGAL-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Cabang Tegal, Sabtu-Minggu (27-28 Oktober 2018) menggelar “Festival Keuangan Kota Tegal Tahun 2018”, di depan Komplek Balai Kota Tegal.

Acara yang diikuti sedikitnya ada 23 industri jasa keuangan bersama 8 UMKM digelar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, percepatan penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan antar individu dan antar daerah, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Festival Keuangan secara resmi dibuka Wali Kota M. Nursholeh bersama Kepala OJK Tegal Ludy Arliyanto didampingi Forkompinda Kota Tegal.

“Festival keuangan ini merupakan wujud implementasi dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2016 Tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif,” terang kepala OJK Tegal, Ludy Arlianto, Sabtu (27/10/18) malam, saat pembukaan Festival Keuangan.

Tema Festival keuangan secara nasional tahun 2018 adalah Sinergi mendorong percepatan akses keuangan. Tema ini menyiratkan makna bahwa percepatan akses keuangan atau biasa dikenal dengan inklusi keuangan hanya dapat terlaksana apabila seluruh pihak terkait, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, industri jasa keuangan dan masyarakat dapat saling mendukung dan bekerja sama dalam pelaksanaan program-program inklusi keuangan.

Kegiatan Festival Keuangan secara umum, menurut Ludy, ditujukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan produk keuangan, sekaligus memperluas akses masyarakat terhadap layanan keuangan.

“Sebagai bagian dan usaha untuk mendorong pertumbuhan UMKM, maka festival ini juga diikuti tujuh UMKM binaan Pemkot Tegal, dan satu UMKM dari Pangkalan TNI Angkatan Laut,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tegal M. Nursholeh meminta OJK  lebih menggencarkan lagi sosialisasi terkait antisipasi agar masyarakat tidak terjebak dalam investasi bodong.

Walikota juga meminta OJK agar terus  memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait produk-produk keuangan. “Saya berharap ke depan kegiatan semacam ini bisa lebih ditingkatkan lagi, agar mampu memberikan edukasi kepada masayarakat, sehingga masyarakat akan paham tugas-tugas OJK,” pungkasnya.

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply